Analisis Hukum Penyelenggaraan Bantuan Sembako Bagi Korban Bencana Alam Di Wilayah Kabupaten Bogor

Main Article Content

Rizky Maristyan FH
Mulyadi
Danu Suryani

Abstract

Jumlah bencana alam di Kabupaten Bogor tergolong tinggi oleh karena itu pemerintah harus sigap dalam pelaksanaan pemberian bantuan sembako apalagi terhadap masyarakat yang terdampak bencana alam, kususnya untuk tanggap bencana alam bagi masyarakat seperti bantuan sembako, pakaian dan kebutuhan penting bagi yang terdampak langsung oleh bencana kususnya bencana yang sering terjadi di Kabupaten Bogor yaitu banjir.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang penyelenggaraan bantuan sembako bagi korban bencana alam di Wilayah Kabupaten Bogor dan untuk mengetahui dan menganalisis tentang faktor penghambat tentang hukum penyerahan bantuan sembako bagi korban terdampak bencana alam guna dalam penanganan tanggap bencana di Kabupaten Bogor. Metode penelitian diperlukan guna mengumpulkan sejumlah bahan yang digunakan untuk menjawab analisis yuridis. Bertitik tolak dari permasalahan, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yuridis normatif yaitu hukum dikonsepsikan sebagai norma, kaidah, asas atau dogma-dogma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimasi pemberian bantuan terhadap korban bencana di Kabupaten Bogordilakukan secara bertahap, dari pencegahan sebelum bencana alam (prevention), penanganan saat bencana alam (response/intervention), dan pemulihan setelah bencana alam (recovery). Tahapan tersebut berada dalam suatu siklus kegiatan penanggulangan bencana alam yang berkesinambungan. Kesimpulan penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan bantuan sembako bagi korban bencana alam di Wilayah Kabupaten Bogor yaitu dengan cara penerapan prinsip-prinsip manajemen bencana yang baik, yaitu cepat dan tepat bahwa pelaksanaan pemberian bantuan sembako dilakukan secara cepat dan tepat sesuai dengan tuntutan keadaan sebelum terjadi bencana sebagai analisis upaya yang nyata.

Article Details

How to Cite
FH, R. M., Mulyadi, & Suryani, D. (2024). Analisis Hukum Penyelenggaraan Bantuan Sembako Bagi Korban Bencana Alam Di Wilayah Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(2), 2110–2132. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12270
Section
Articles

References

Bevaola Kusumasari, Manajemen Bencana Dan Kapabilitas Pemerintah Lokal, Gava Media, Yogyakarta, 2014.

Bevir, Mark. Democratic Governance. Princeton University Press. New Jersey 2010.

Dadang Suprijatna, Konvensi Ketatanegaraan Dalam Praktik Konstitusi Di Indonesia, Unida, Bogor, 2018.

Egon Bittner dalam David H. Beley, Police For The Future, McGraw, New York, 2011.

Endeh Suhartini, Martin Roestamy, Ani Yumarni, Hukum Kesehatan, Rajawali Pres, Depok, 2019.

Farouk Muhammad, Menuju Reformasi Polri, Restu Agung, Jakarta, 2015.

J. Robert Kodoatie dan Sugiyanto, Bencana alam Beberapa Penyebab dan Metode Pengendaliannya dalam Perspektif Lingkungan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2012.

Kunarto, Etika Kepolisian, Cipta Manunggal, Jakarta, 2010.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.