Analisis Kepuasan Wisatawan Melalui Pendekatan Experiential Marketing Pada Sparks Forest Adventure Kabupaten Sukabumi

Authors

  • Andita Praditya Universitas Djuanda
  • Erni Yuningsih Universitas Djuanda
  • Endang Silaningsih Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13769

Keywords:

Experiental Marketing (sense, feel, think, act and relate), Kepuasan Wisatawan

Abstract

Adanya penelitian ini ditujukan untuk mengetahui (1)  Tanggapan wisatawan terhadap pengalaman dan kepuasan yang diberikan oleh wisata Sparks Forest Adventure Sukabumi. (2) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan terhadap wisatawan. (3) Untuk mengetahui pengaruh secara parsial terhadap kepuasan wisatawan.

Metode yang diterapkan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Sparks Forest Adventure Kabupaten Sukabumi  dengan menyebar kuesioner 100 responden wisatawan. Uji yang dilakukan adalah regresi, korelasi, determinasi terhadap uji f dan uji t .Dari hasil penelitian secara simultan memiliki berpengaruh positif juga  signifikan terhadap kepuasan wisatawan dan hasil secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

References

Tiltilelk Tjahja Andaril, Ahmad Jaelnal Awaludiln 2018. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Pembelian Produk UMKM Berbasis Talas Kota Bogor, Jurnal Vilsilsonilda, Junil 2018, Halaman 56-65

Asril Solilhatil.(2017).Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Call Centre Telkomsel Bandung.jurnal manajelmeln, Relposiltory Wildyatama,Volumel 16 Nomor 1, Melil 2017, Hal 1-8.

Achmad Lutfil Telgarilkho. 2017. Pengaruh Dimensi Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Café Bangi Kopitiam Bandar Lampung. Jurnal Manajelmeln Pelmasaran, Volumel 2 Nomor 1, Hal 1-8.

A.P Novilarilanil Dan Il Khasanah. 2014. Analisis Pengaruh Experiantial Marketing Terhadap Pelanggan Pada E-Resto Semarang. Dilponelgoro Journal Of Managelmelnt, Volumel 3 Nomor 3, Hal 1-22.

.

Alma Bucharil. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabelta.

Atmaja, lucas seltila. 2014. Teori Dan Praktik Manajemen Keuangan. Yogyakarta :Andil OffseltChandra, Grelgorilus, dkk. 2011. Service, Quality & Satisfaction.Eldilsil 3, Yogyakarta, Andil Offselt.

A.M.A Suyanto.2013. Pengaruh Experiantial Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Mall Kelapa Gading 3. Jakarta, Eljournal UPIl, Volumel 4 Nomor 2, Hal 1-6.

Anton Mulyono Azilz dan maya ilrjayantil, 2014. Manajemen. Bandung, Mardilka Group.

B Arilfil . 2016. Pengaruh Experiantial Marketing Terhadap Penggunaan Ulang Jasa Wisata Arung Jeram Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Pt Citra Elo Riverindo Magelang. Relposiltory.Umpwr.Ac.Ild, Volumel 5 Nomor 1, Hal 1-88.

Biltnelr, M. J. dan Zelilthaml, V. A.2003. Service Marketing (3rd ed.), Tata McGraw Hilll, Nelw Dellhil.

Dilnas Parilwilsata Kabupateln Sukabumil .2019 lilnk (Sukabumilkab.go.ild )

Daryanto, dan Seltyobudil, Il. 2014. Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta,Gava Meldila.

Dilelnnil Sahilralilanil. 2013. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Starbucks Di Kota Bandung.Relposiltory Wildyatama, Volumel 2 Nomor 1, Hal 1-12.

Elzilzwilta Dan Tril Sukma. 2018. Analisis Experiantial Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Klinik Sehat Gajah Mada Kota Padang).Melnara Elkonomil, Volumel 4 Nomor 1, Hal 1-8.

Elko Yulilawan. 2016. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt Bank Mandiri Cabang Medan Balai Kota. Relposiltory wildyatama, Volumel 6 Nomor 1, Hal 1-20.

Fandy Tjilptono & Anastasila Dilana.2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andil Offselt, Yogyakarta.

Fandy Tjilptono. 2012. Strategi Pemasaran, eld. 3, Yogyakarta, Andil Offselt.

Gamal Suwantoro. 2009. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta. Pelnelrbilt Andil.

Grelsilvonda,Dan Mudjil Astutil. 2014. Pengaruh Penerapan Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Rumah Makan Lesehan Joyo Taman. Jurnal Bilsnils Dan Pelrbankan,Volumel 1 Nomor 1, Hal 1-22.

Ghozalil, Ilmam.2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Selmarang, Badan Pelnelrbilt Unilvelrsiltas Dilponelgoro.

Hasilbuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Eldilsil Relvilsil. Jakarta,Pelnelrbilt PT Bumil Aksara.

Ilrna Rilbuna.2017. Pengaruh Experiential Marketing, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Pengguna Jasa Transportasi Bus Trans Jogja Di Yogyakarta). Jurnal Manajelmeln, Volumel 5 Nomor 2, hal 48-52.

Illmu Parilwilsata Dan Pelrhotellan .2015. Pariwisata Dan Perhotelan . http://illmuparilwilsatadanpelrhotellan.blogspot.com/2015/05/parilwilsata.html (Dilaksels : Selniln,10-08-2020/04:03)

Ilrelnel Rosa Lullulangil. 2014. Analisis Pengaruh Experiantial Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Sop Buah

Kota Semarang). Jurnal Manajelmeln, Volumel 3 Nomor 4, Hal 1-12.

Ildelllel, Almilra Yusrilna. 2012. Analisis Pengaruh Harga dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Danapaint Jakarta (Studil Kasus dil Miltra 10 Jakarta), Jurnal Manajelmeln, Volumel5 Nomor 1, Hal 1-8.

Januar T. Oelyono, dan Dilah Dharmayantil. 2013. Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer Loyalty Café My Kopi-O Surabaya Town Square. Jurnal Manajelmeln Pelmasaran, Volumel 1 Nomor 2, Hal 1-8.

Kelmelntrilan Parilwiltasa 2018 .www.kelmelnpar.go.ild (Dilaksels Rabu 23-Novel

mbelr-2019. Pukul 20:30)

Kotlelr,Phillilp dan Amstrong, Gary. 2014. Principles of Marketing, 12th Eldiltilon, Jillild 1, Telrjelmahan Bob Sabran, Jakarta, Elrlangga.

Kotlelr ,Phillilp and Kelviln Lanel Kelllelr. 2012. Marketing Management 13.nelw jelrsely pelarson prelntilcel hall, ilnc

Kustilnil.2007. Penerapan Experiential Marketing. Jurnal Rilselt Elkonomil dan Bilsnils, Volumel 7 Nomor 2, UPN Veltelran JawaTilmur, Hal 1-45.

Lila Wilta Kumala. 2013. Pengaruh Experiantial Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Pelanggan KFC Klojen Kota Malang). Jurnal Admilnilstrasil Bilsnils, Volumel 4 Nomor 2, Hal 1-8.

Mellilnda Yunilta Dan Hatanel Samuell. 2014. Analisis Pengaruh Experiantial Marketing Terhadapa Kepuasan Konsumen HERBS SPA. Jurnal Hospiltalilty Dan Manajelmeln Jasa, Volumel 2 Nomor 2, Hal 1-8.

Natasha, A.,Krilstilantil,D.D.2013. Analisa Pengaruh Experiantial Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Di Odern Café Surabaya.Jurnal Hospiltalilty Dan Manajelmeln Jasa, Volumel 1 Nomor 2, Hal 180-181.

Prilyatno,Dwil,. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta, Meldilakom.

Portelr, Milchaell El. 2007. The Competitive Advantage of Nations. Thel MacMilllan Prelss Ltd.

Rilfkil Wilra Kusuma. 2018. Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Di Telkom Indihome Witel Lembong Bandung. Volumel 14 Nomor 1, Hal 1-8.

Rilckil Yulilardil and Zulil Nuraelnil. 2017. Statistika Penelitian.Yogyakarta, Ilnnosailn.

Rayilna,Yulilana Mellvilanil Dan Elka. 2016. Pengaruh Experiantial Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Wiki Koffie Bandung). El journal UNDIlP, Volumel 3 Nomor 1, Hal 1-25.

Delwil Ratilh Kusuma 2015. Pengaruh Experiential Advertising Terhadap Loyalitas Konsumen Dan Pengaruhnya Terhadap Keteguhan Klien (Review Klien Tempat Liburan Di Jatim Park 1 Kota Wisata Batu). Volume 28, Nomor 1, Jurnal Admilnilstrasil Bilsnils, Halaman 1–8.

Robbilns, Stelpheln P. and Mary Coultelr.2012. Management, Ellelvelnth Eldiltilon, (Unilteld Statels of Amelrilca, Pelarson Elducatilon Lilmilteld).

Rahmawatil.2003.Pengaruh Sense Dan Feel Dari ExperientialMarketing Pada Soto Gebrak. Jurnal Elkonomil Dan Bilsnils, Volumel 3 Nomor 2, Hal 109-121.

Sparks Forelst Advelnturel Sukabumil 2019 ( Survely Novelmbelr 2019)maill: ilnfo@sparksforelstadvelnturel.com

Sugilyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung, PT Alfabelt.

Sillvila Fellilta Wantil. 2015. Pengaruh Experiential Marketing dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Chingu Korean Fan Café Bandung. Jurnal Manajelmeln , Relposiltory Wildilyatama, Volumel 10 Nomor 2, Hal 1-27.

Sugilyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabelta.

Silnambella, Liljan Poltak. 2014. Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan, dan Implementasi). Jakarta, PT Bumil Aksara.

Schmiltt, Belrnd H. 2011. Experiential Marketing How To Get Customer Sense, Feel, Think, Act, And Relate To Your Company And Brand. Nelw York, Thel Frelel Prelss

Surilanto, Agung dan Ailsyah, Nurul. 2009. Pengaruh Penerapan Experiential Marketing Strategik Terhadap Kepuasan. Jurnal Logos Volumel 6, Nomor 2, Hal 1-20, Unilvelrsiltas Muhammadilah Grelsilk.

Smillansky, Shaz. 2009. Experiantial Marketing : A Practical Guide to Interactive brand experiences. Unilvelrsiltas Ilndilana,kogan pagel.

Schmiltt, Belrnd H.;Rogelrs, Davild L. 2008. Handbook on Brand and Experience Management. Unilteld Kilngdom, Eldward Ellgar Publilshilng Lilmilteld.

Soelwadjil, Jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian, Miltra Wacana Meldila

Jakarta. IlSBN 978-602-7523-04-3.

Yelyasa Djatmilko, Claudila Velga Adartha. 2018. Pengaruh Experiantial Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Di The Singhasari Resort Batu. Journal Hospiltalilty Dan Manajelmeln Jasa, Volumel 6,Nomor 1, Hal 1-9.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Praditya, A., Yuningsih, E. ., & Silaningsih, E. . (2024). Analisis Kepuasan Wisatawan Melalui Pendekatan Experiential Marketing Pada Sparks Forest Adventure Kabupaten Sukabumi . Karimah Tauhid, 3(6), 7092–7120. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13769
Abstract viewed = 4 times

Most read articles by the same author(s)