Pengaruh Customer Experience terhadap minat berkunjung Kembali di Wisata Alam Sevillage di Kabupaten Cianjur

Main Article Content

Dena Oktaviani
Ismartaya
Endang Silaningsih
Palahudin

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan yang saat ini sedang dikembangkan oleh pemerintah pusat maupun daerah, sehingga Banyak bermunculan tempat-tempat wisata baru menawarkan pesona keindahan alam ditambah dengan spot-spot instagramble yang menjadi popular dikalangan millenial. Salah satu wilayah di Kabupaten Cianjur yang memiliki daya tarik wisata alam adalah wilayah puncak.


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden dan  studi kepustakaan. Pengujian yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji simultan, uji parsial, serta Koefisien Determinasi, Model  persamaan adalah regresi linear berganda.


Hasil penelitian menunjukan seluruh instrumen valid dan reliabel, secara simultan variabel independen yaitu Lingkungan Fisik dan Interaksi Sosial terbukti signifikan mempengaruhi Variabel Dependen Minat Berkunjung Kembali. Kemudian secara parsial dapat diketahui variabel independen yaitu Lingkungan Fisik dan Interaksi Sosial terbukti signifikan mempengaruhi variabel dependen minat berkunjung kembali. Nilai R-square sebesar 0,718 yang artinya sumbangan Variabel Independent terhadap Variabel Dependen sebesar 71,8 persen





 


Article Details

How to Cite
Oktaviani, D., Ismartaya, Silaningsih, E., & Palahudin. (2022). Pengaruh Customer Experience terhadap minat berkunjung Kembali di Wisata Alam Sevillage di Kabupaten Cianjur. Karimah Tauhid, 1(5), 543–560. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i5.7044
Section
Articles

References

Alma, B. (2016). IManajemen IPemasaran Idan IPemasaran IJasa. setakan ke-12. Bandung: Alfabeta.

Azuar Juliandi, d. (2018). Mengolah Data Penelitian Bisnis Dengan SPSS. Medan: ILembaga Penelitian Idan IPenulisan IIlmiah IAqli.

Bitner, M. J. (1992). Servicescapes : IThe IImpact Iof IPhysical Isurroundings Ion Icustomers and Iemployees. IJournal Iof IMarketingI, Vol 56 No. 2, pp. 57—71.

Chen, S.-C. &.-P. (2015). IThe IImpact IOf ICustomer IExperience IAnd IPerceived IValue IOn Sustainable ISocial IRelationship IIn IBlogs: IAn IEmpirical IStudy. Technological Forecasting And Social Change, 96, 40-50.

Creswell, J. W. (2016). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran). edisi ke-4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghazali, I. (2016). IAplikasi IAnalisis IMultivariete IDengan IProgram IIBM ISPSS I23. Edisi ke-8. Semarang: Universitas Diponegoro.

Keller, P. K. (2016). Marketing Management. New Jersey: Pearson Prectice Hall, Inc.

Manullang, M. E. (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.

Nasermoadeli. (2013). Evaluating IThe IImpact Iof ICustomer IExperience Ion Repurchase Intention. IInternational IJournal Iof IBusiness Iand IManagemnt , vol. 8, no.6, hal: 128-138.

Sahla, H. M. (2017). IPengaruh IDaya ITarik Idan IAksesibilitas ITerhadap IMinat Berkunjung IWisatawan IKe IAir ITerjun IPonot Idi IDesa ITangga IKecamatan IAek Songsongan IKabupaten IAsahan. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplon Ilmu Una, 1151-1160.

Sugiyono. (2017). Metode Penilaian Kauntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tobing, H. L. (2020). IPengaruh ICitra IPerusahaan, IKualitas ILayanan Idan IPersepsi IHarga Terhadap IMinat IBeli IUlang IMelalui IKepuasan ISebagai Variabel Intervening Pada Matahari Departemen Store Tbk. Batam City Square. Thesis: Universitas HKBP Nommensen.

Walter, U. B. (2010). Drivers of customers’ service experiences: a study in the restaurant industry. . Managing Service Quality, Vol. 20No. 3, pp. 236-258.

Wardaya, D. d. (2016). IManajemen IPemasaran IUntuk IMahasiswa, IUsaha IMikro, IKecil Idan Menengah. Yogyakarta: Deepublish.

Wulanjani, H. &. (2017). IDampak IUtilitarian IValue IDan IExperiential IMarketing Terhadap ICustomer ISatisfaction IDan IRevisit IIntention. IJurnal IRiset IManajemen Dan IBisnis I (Jrmb) IFakultas IEkonomi IUniat, 2(2), 121-130.

Zeithaml, V. B. (2009). Service Marketing. New York: IIntegrating ICustomer IFocus IAcross The IFirm I (McGraw-Hil).

Zhang, H. W. (2017). A model of perceived image, memorable tourism experiences and revisit intention. IJournal Iof IDestination IMarketing I& IManagement , Volume 8, June 2018, Pages 326-336.