PENGENDALIAN JOB INSECURITY PADA PT ACM MAHADAT TRANS TAJUR BOGOR

Main Article Content

Ardelia Ulima Sunandar
Palahudin

Abstract

Ketidakamanan kerja (job insecurity) mengacu pada kecemasanan yang disebabkan oleh ancaman terhadap kelangsukan pekerjaan atau ancaman dalam kondisi kerja yang tidak kooperatif. Jika suatu organisasi memilih untuk mengurangi jumlah karyawan, hal itu dapat menciptakan ketidakamanan karyawan dan ketidakamanan kerja, mengurangi kinerja karyawan, komitmen terhadap organisasi, dan kepuasan kerja. PT. ACM MAHADAT TRANS adalah suatu perusahaan jasa yang bergerak dibidang transportasi serta melayani perjalanan wisata/tour. Kehadiran PT ACM MAHADAT TRANS dalam perjalanannya menunjukkan konsistensi sebagai salah satu penyedia angkutan bus dan elf yang terbaik.  Namun, setelah diperhatikan, ada beberapa tenaga kerja yang keluar masuk pada tahun 2020 dan 2021 sehingga diperkirakan adanya perputaran tenaga kerja pada perusahaan ini yang menyebabkan kinerja perusahaan kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana permasalahan terutama job insecurity pada PT ACM MAHADAT TRANS. Adapun metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif.

Article Details

How to Cite
Sunandar, A. U. ., & Palahudin. (2023). PENGENDALIAN JOB INSECURITY PADA PT ACM MAHADAT TRANS TAJUR BOGOR. Karimah Tauhid, 2(4), 994–1003. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.8634
Section
Articles

References

Affandi, A. D. (2021). Manajemen SDM Strategik. Banten: Bintang Visitama Publisher.

Ajabar. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublisher.

Arraniri, dkk. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cirebon: Insania.

Batjo, Nurdin; Shaleh, Mahadin (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Makasar: Aksara Timur.

Benu, dkk. (2021). Human Resource Management (HRM) in Industry 5.0. Yogyakarta: ZAHIR PUBLISHING.

Darsana, Koerniawati, (2021). Organizational Citizenship Behaviour, Personality, Budaya Organisasi dan Kinerja Karyawan, Aplikasi pada Manajemen Sumber Daya Manusia Kepariwisataan. Bandung: Nilacakra.

Ismail, K. (2022). Pengantar Manajemen. Bandung: Media Sains Indonesia.

[KEMENPERIN] Kementerian Perindustrian. (2023) UU No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Tersedia pada https://kemenperin.go.id/kompetensi/UU_13_2003.pdf [10 Januari 2023]

Larasati, (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish.

Limgiani, dkk. (2022). MSDM (Pendekatan Konseptual dan Teoritis). Bandung: Media Sains Indonesia.

Nugroho, Y. (2019). Pelatihan dan Pengembangan SDM: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Rawi, dkk. (2021). MANAJEMEN KARIR Teori dan Praktik. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Sule, Saefullah, (2019). Pengantar Manajemen. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sutrisno, (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Wardani, Amalia, (2021). Psychological Capital, Job Insecurity, dan Burnout. Pekalongan: NEM.

Yuhansyah, Iskandar, (2018). Pengaruh Motivasi dan Ketidakamanan Kerja Terhadap Penilaian Kerja yang Berdampak kepada Kepuasan Kerja. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.