Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan: Dalam Meningkatkan Mutu Profesionalisme Kualitas Calon pendidik
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12214Keywords:
Pengelolaan, Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Mutu Efektivitas KependidikanAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan dan mengetahui realisasi sistem pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan, manfaat dari penelitian ini sebagai acuan dan pedoman yang digunakan untuk meningkatkan serta memberikan daya tarik pada seorang calon tenaga pendidik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuasi kualitatif dengan desain penelitian sederhana, dimana dengan penelitian kuasi kualitatif ini penggunaan teori masih dimungkinkan sebagai pengolahan data yang terdiri dari 15 orang guru kelas SD di wilayah Bogor di Indonesia yang terdiri dari Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kecamatan Ciawi dan Kecamatan Sukaraja. Analisis temuan dalam penelitian ini yaitu: Proses, Hak dan Kewajiban, serta Pengembangan Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Meskipun demikian, masih ditemukan beberapa aktivitas yang kerap sekali mengganggu untuk peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan salah satunya ialah faktor keseimbangan tenaga pendidik yang tidak sebidang dengan pendidikan terakhir yang ditempuh oleh calon tenaga pendidik dan kependidikan tersebut. Dalam sebuah pengelolaan perlu dievaluasi secara teratur menurut prosedur tertentu guna mencapai tujuan yang diinginkan. Sehingga aspek dari pengelolaan tenaga kependidikan diharapkan bisa meningkatkan mutu pendidikan.
References
Aliyyah, R. R., Lutfah, S. A., & Lathifah, Z. K. (2017). Pengelolaan Tenaga Pendidik Pada Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 75. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.921
Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957
Bachtiar, M. Y. (2016). Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2275
Ii, B. A. B., & Teori, A. K. (2013). Kajain Teori Dan Kerangka Pemikiran. 15–62.
Iii, B. A. B., Penelitian, A. J., Pendekatan, D., & Penelitian, J. (n.d.). Bab iii.
Kedudukan guru sebagai pendidik (. (2017). IV, 122–137.
Melawati Fatma Sari. (2019). Dampak pendampingan Program Sosial Entrepreneur Dompet Dhuafa Yogyakarta Perspektif Ekonomi Islam. Ekonomi, 52–60.
Nanang, Manullang, H., & July Esther. (2022). Perlindungan Hukum Bagi Guru Yang Mangalami Pengaduan Akibat Tindakan Guru Saat Menjalankan Profesi Mengajar. Nommensen Journal of Legal Opinion, 3(1), 45–58. https://doi.org/10.51622/njlo.v3i1.612
Nurhendrar, S. (2007). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Revista Brasileira de Ergonomia, 9(2), 10. https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106
Nurlindah, N., Mustami, M. K., & Musdalifah, M. (2020). Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 40. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13893
Penelitian, P., Mulyani, M. E., & Pascasarjana, P. (2009). digital_120516-T 25582 -pelaksanaan mekanisme-metodologi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nafhan Maulana Ashary; Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.