Analisis Perbandingan Pengaruh Teks Informatif dan Naratif Terhadap Kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas 12 di SMA Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School

Main Article Content

Nur Arifin Hidayad
Radif Khotamir Rusli

Abstract

Di sekolah-sekolah Islam tradisional, pembelajaran Bahasa Arab hanya berfokus pada teori dan tata bahasa untuk meningkatkan kemampuan membaca buku, sehingga lebih berfokus pada teks-teks informatif. Sementara itu, di sekolah-sekolah Islam modern, pembelajaran Bahasa Arab digunakan untuk dimanfaatkan dalam komunikasi sehari-hari dan lebih berfokus pada teks naratif. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan pengaruh antara teks informatif dan naratif dalam kemahiran membaca teks Bahasa Arab pada siswa kelas 12 di SMA Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School. Metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua jenis teks, baik informatif maupun naratif, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemahiran membaca teks Bahasa Arab. Hal ini terlihat dari nilai signifikansi (2-tailed) yang kurang dari 0,05 dan koefisien korelasi (r) yang menunjukkan hubungan positif antara kedua jenis teks dengan kemahiran membaca. Meskipun demikian, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh teks informatif dan naratif terhadap kemahiran membaca teks Bahasa Arab. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam rata-rata kemahiran membaca Bahasa Arab antara siswa yang mempelajari teks informatif dengan siswa yang mempelajari teks naratif. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa kedua jenis teks memiliki peran yang penting dalam pengembangan kemahiran membaca Bahasa Arab bagi siswa.

Article Details

How to Cite
Hidayad, N. A., & Rusli, R. K. . (2024). Analisis Perbandingan Pengaruh Teks Informatif dan Naratif Terhadap Kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas 12 di SMA Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School. Karimah Tauhid, 3(4), 4400–4411. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12683
Section
Articles

References

Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 68-82.

Aprizal, A. P. (2021). Urgensi pembelajaran bahasa Arab dalam pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Guru, 87-93.

Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal ilmu pertanian dan perikanan, 127-133.

Hasan, M. (2015). Inovasi dan modernisasi pendidikan pondok Pesantren. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 296-306.

Raswan, R. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Eklektik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 121-140.

Sari, A. P. (2018). Tinjauan Terhadap Metode Pembelajaran Bahasa Arab: Metode Nahwu Terjemah, Metode Langsung, Metode Audiolingual Dan Metode Gabungan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 103-126.

Sarwono, J. (2009). Statistik itu Mudah, SPSS 16. Jogyakarta: Andi.

Sauri, S. (2020). Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dan Lembaga Islam di Indonesia. Insancita, 73-88.

Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 24-36.

Tolinggi, S. O. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Salafi dan Khalafi: Studi Pebandingan terhadap Pesantren Salafiyah Syafi’yah Pohuwato dan Pesantren Hubolo Tapa. Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal), 64-95.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan.