Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Media Tangga Pintar Pada Kelas III A SDN Harjasari 01

Main Article Content

Mirna Sukoyati
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penggunaan media tangga pintar pada kelas III A SDN Harjasari 01. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Classroom Action Researh dengan menggunakan model Kemmis & mc Taggarth melalui empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan tes. Responden yaitu siswa kelas III A, yang berjumlah 29 siswa. Indikator keberhasilan yaitu 80 % dengan nilai KKM sebesar 70. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus, hanya 9 siswa (31%) dari 29 siswa mencapai ketuntasan, pada tahap Siklus I terdapat 17 siswa (59%) mencapai ketuntasan dan Siklus II terdapat 25 siswa (86%) dari 29 siswa mencapai ketuntasan.. Dengan demikian terdapat peningkatan yaitu sebesar 28 % mengalami peningkatan dari tahap prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II sebesar 27%. Maka penggunaan media tangga pintar dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas III A SDN Harjasari 01.

Article Details

How to Cite
Sukoyati, M., & Aliyyah, R. R. . (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Media Tangga Pintar Pada Kelas III A SDN Harjasari 01. Karimah Tauhid, 3(2), 2228–2243. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12013
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 52–70. https://ojs.unida.ac.id/JSH/article/view/4034%0A%0Ahttps://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.4034

Aliyyah, R. R., & Herawati. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran KooperatifTeam Assisted Individualization. In Proceedings Education and Language International Conference, 01(01).

Aliyyah, R. R., Rahayu, Y., & Ramdhani, M. R. (2022). Pengaruh Interaksi Edukatif terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 185–198.

Ananda, Y., & Damri, D. (2021). Peningkatan kemampuan menentukan nilai tempat bilangan melalui media tangga pintar bagi anak kesulitan belajar berhitung kelas IV di SDN 06 Batang Anai. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1138–1146.

Asiah, S., Nurjanah, E., & Khusnah, A. (2022). Implementasi Media Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, 6(2).

Balaweling, F. Y., Mbari, M. A. F. M., & Yufrinalis. (2023). Peningkatan hasil belajar matematika materi satuan panjang melalui media tangga pintar pada peserta didik kelas III SD. Journal on Education, 05(03).

Erviana, V. Y., & Muslimah, M. (. (2018). Pengembangan media pembelajaran tangga pintar materi penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar. Urnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 58–68.

Erviana, V. Y & Muslimah, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran tangga pintar materi penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 58–68.

Hanannika, L. K., & Sukartono. (2022). Penerapan media pembelajaran berbasis TIK pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6379–6386.

Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72.

Kemmis, S. &, & mc. Taggart, R. (1988). The action research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Kuncahyono. (2017). Analisis Penerapan Media Berbasis Komputer Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 773. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.773-780

Miles, B. M. dan M. H. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.

Novtalien, E., Harmi, H., & Arbaini, W. (2021). Penggunaan media pembelajaran tangga pintar dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2 SDN 43 Lebong Utara.

Rahmawati., A. Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tangga Pintar Dan Ular Tangga Pintar Pada Penjumlahan Dan Pengurangan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Pada Pembelajaran Matematika Di Mi Ma’arif Polorejo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Ritonga, S. B. dan R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Tangga Pintar Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(03).

Samfitri, J. R., Maharani, S. D., & Gandi, I. (2021). Model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran matematika SDN 11 Merapi Barat. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 8(2), 121–136.

Tampubolon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (Erlangga (ed.)).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>