Kartu Rencana Studi: Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Di Perguruan Tinggi

Main Article Content

Sri Damayanti
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana kualitas kartu rencana studi berpengaruh terhadap kepuasan siswa Universitas Djuanda. Penelitian dilakukan secara online melalui penyebaran google form yang diisi atau dijawab oleh 15 responden dari 5 fakultas. Untuk mempermudah pengkodean dan kategorisasi penelitian, kuesioner yang telah diisi diproses menggunakan aplikasi Nvivo 12. Kemudian data wawancara dimasukkan ke dalam node, dan kasus dikompilasi dalam kode. Tinjauan literatur yang berkaitan dengan subjek penelitian digunakan sebagai dasar untuk pengumpulan dan penggunaan data. Setelah data dikumpulkan, pemeriksaan anggota dilakukan untuk memastikan bahwa data yang dikumpulkan oleh peneliti adalah akurat atau tidak.
Temuan penelitian umumnya berdampak positif dan signifikan untuk kepuasan mahasiswa di Universitas Djuanda dengan sistem KRS online. Namun terdapat beberapa sub indikator yang kurang menunjukkan hasil yang baik.
Persepsi mahasiswa terhadap sistem KRS untuk menunjang proses pelaporan penelitian mahasiswa Universitas Djuanda dapat dilihat melalui tujuh tema dan seluruh subtema penelitian.

Article Details

How to Cite
Damayanti, S., & Aliyyah, R. R. (2024). Kartu Rencana Studi: Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Di Perguruan Tinggi . Karimah Tauhid, 3(2), 2163–2181. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12082
Section
Articles

References

Afiyanti, Y. (2014). Penggunaan Literatur Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(1), 2003–2006. https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.157

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957

Bernanda, D. Y., Yohanes, A., Seputro, J. S., & Andry, J. F. (2019). Analisis Sistem Krs Online Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Xyz Menggunakan Metode Utaut. Jurnal Teknoinfo, 13(2), 124. https://doi.org/10.33365/jti.v13i2.237

Braun, V., & Clarke, V. . (2019). Reflecting on reflexive thematic analysis. Qualitative Research in Sport, Exercise and Health, 11(4), 589–597. https://doi.org/10.1080/2159676X.2019.1628806

Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, XV(II), 116–123.

Dr. Sandu Siyoto & Muhammad Ali Sodik, 2015. (2015).

Kristiawan, D., Sunarto, & Sabandi, M. (2016). Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik (Siakad Online) di FKIP UNS dan Pengaruhnya terhadap Manfaat Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 2(1), 1–17.

Septiani, D., Larasati, P. D., & Irawan, A. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Pengisian Kartu Rencana Study (KRS) Untuk Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi Kampus Tanri Abeng University. Applied Information System and Management (AISM), 1(1), 21–28. https://doi.org/10.15408/aism.v1i1.8647

Simmons, K. B. (2014). Hester & Adams, 2018. February.

Warnars, S., Leslie, H., & Anwar, C. (2008). Sistem Informasi Akademik Online Sebagai Penunjang. 2008(Snati).

Widiatry, W. (2020). Pengembangan Aplikasi Kartu Rencana Studi Online Pada Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Palangka Raya. Jurnal Teknologi Informasi Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 14(1), 83–93. https://doi.org/10.47111/jti.v14i1.601

Yohanda, R. (2020). Metode Studi Kasus : Upaya-Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 14 Pekanbaru. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 19(1), 113–130. https://doi.org/10.15408/kordinat.v19i1.17178

Yoon, C. (2014). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 37–55.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>