MBKM: Persepsi Mahasiswa Tentang Kampus Mengajar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12037Keywords:
MBKM, Kampus Mengajar, Persepsi MahasiswaAbstract
Tujuan Penelitian yaitu untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa tentang Kampus Mengajar. Penelitian ini menggunakan studi kasus yang bertujuan untuk memungkinkan peneliti memperoleh dan mengkaji data dalam suatu konteks atau fenomena. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan dua acara, yaitu survei dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah dapat mengetahui manfaat, urgensi, tantangan, dan hambatan dalam megikuti Kampus Mengajar. Dan kemudian keempat sub tersebut dipecah kembali ke beberapa bagian. Adapun keempat sub tersebut yakni Urgensi, Manfaat, Hambatan Serta Tantangan.
References
Anugrah, T. M. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan I Terdampak Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara). Jurnal Ilmiah Nasional, 38-47. http://ejournal.goacademica.com/index.php/ja/article/view/458.
Braun, V., & Clarke, V. (2019). Reflecting On Reflexive Thematic Analysis. Qualitative Research in Sport, Exercise, and Health, 589-597.
Inayati, U. (2022). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad-21. International Conference On Islamic Education, 293-304. http://103.35.140.33/index.php/ICIE/article/view/241.
Lestari, S., Fatonah, K., & Halim, A. (2021). Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta. JURNAL BASICEDU, 6426-6438. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1679
Nainggolan, E., Artha, B. Y., & Susanti, S. (2022). Peranan Mahasiswa Mengimplementasikan Literasi Bahasa Melalui Program Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar Negeri 200207 Padangsidempuan. Jurnal Handayani, 130-134.
Prasandha, D., & Utomo, A. P. (2022). Evaluasi Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar Angkatan I Tahun 2021. Jurnal Sastra Indonesia, 48-55. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i1.55441
Rachmadtullah, R., Subandowo, M., Humaira, M. A., Aiyyah, R. R., Samsudin, A., & Nurtanto, M. (2020). Use of Blend Learning with Moodle: Study Effectivness in Elementary School Teacher Education Students daring The COVID-19 pandemic. Jurnal Pendidikan, 3272-3277. https://www.researchgate.net/profile/Achmad-Samsudin/publication/
Rasmidatila, Aliyyah, R. R., Racmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia. Journal Of Ethnic and Cultural Studies, 90-109. https://www.jstor.org/stable/48710085
Rasmitadila, Widyasari, Prasetyo, Teguh, Rachmatullah, Reza, . . . Aliyyah, R. R. (2021). General Teachers' Experience of the Brain's Natural Learning Systems-Based Instructional Approach in Inclusive Classroom. International Journal of Instruction, 95-116. https://eric.ed.gov/?id=EJ1304696.
Suwanti, V., Suastika, K., Ferdian, R. D., & Harianto, W. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program MBKM Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 814-822. https://scholar.archive.org/work/f6hxnafelfgsvfacwyctqg6t24/access/wayback/https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/download/8773/pdf
Yin, R. K. (2011). Qualitative Research From Strat To Finish. USA: The Guilford Press. https://journals.aiias.edu/info/article/view/79
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwi Yani Nurjannah Cahyono; Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.