Pengunaan Media Papan Kalimat Tanya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik

Main Article Content

Siti Annisa Qisthi
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media papan kalimat tanya dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik pada muatan kalimat tanya. Dasar pemikiran penelitian ini adalah kurangnya nilai hasil belajar peserta didik dalam kaitannya dengan sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis MC Taggart yang meliputi persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tes, wawancara, observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Sebanyak 36 peserta didik kelas V SDN Padjajaran 02 Ciawi Bogor berpartisipasi dalam penelitian ini. Delapan puluh persen peserta didik mampu mencapai KKM dengan nilai tujuh puluh yang merupakan tanda keberhasilan penelitian. Berdasarkan hasil prasiklus, hanya 15 (42%) peserta didik yang mampu mencapai KKM 80% sebesar 70.  Pada siklus I menghasilkan sebanyak 27 peserta didik (75%) mencapai KKM melalui penggunaan media papan kalimat tanya. Selanjutnya, pada siklus II data menunjukkan sebanyak 31 peserta didik (86%) telah mencapai KKM. Dengan demikian, terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 11% dari siklus I ke siklus II dan 33% dari hasil pra siklus ke siklus I. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media papan kalimat tanya dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi kalimat tanya kelas V Sekolah Dasar (SD).

Article Details

How to Cite
Qisthi, S. A., & Aliyyah, R. R. . (2024). Pengunaan Media Papan Kalimat Tanya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik. Karimah Tauhid, 3(2), 2345–2363. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12030
Section
Articles

References

Adhani, D. N., Hanifah, N., & Hasanah, I. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Warna. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 4(1), 64–75.

Aliyyah, R., & Malia, Y. (2017). Inprovement of Science Learning Outcomes Using Audio-Visual Media on Learning the Properties of Light. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 82–90. https://doi.org/10.30997/dt.v3i2.321

Aliyyah, R. R., Amin, A., Subasman, I., Sri, E., Herawati, B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Efforts Toimprove the Science Learning Results Through the Use of Learning Video Media. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–71.

Aliyyah, R. R., Saraswati, Ulfah, S. W., & Ikhwan, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Media Video Pembelajaran. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 317. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.317-326.2021

Aliyyah, R., Rasmitadila, Rachmadtullah, R., Widyasari, Mulyadi, D., & Ikhwan, S. (2019). Using of student teams achievement divisions model (STAD) to improve student’s mathematical learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012159

Ariani, N., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690

Kemmis, S, M. T. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer. http://dx.doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Sari, S. ., & Setia, B. (2023). Efektivitas Media Papan Pintar dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (2).

Selvi, F. (2023). Pengaruh media pembelajaran bahasa indonesia berbasis multimedia terhadap hasil belajar siswa kelas v sdn 4 rejang lebong.

Wibawa, S. (2012). PENELITIAN TINDAKAN KELAS Oleh Sutrisna Wibawa (FBS UNY). 1970.

Yasir, M. (2017). Pengaruh Metode dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Deiksis, 9(02), 138. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1516

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>