Praktik Baik dalam Mengelola Kelompok dan Rombongan Belajar: Studi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Dasar

Authors

  • Wulandari Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11636

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Kelompok Belajar, Rombongan Belajar

Abstract

Penelitian ini mengulas tentang kurikulum merdeka dalam mengelola kelompok belajar dan rombongan belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang manajemen pengelolaan kelas sesuai dengan kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah kuasi kualitatif. Data dikumpulkan melalui survei dan wawancara semi terstruktur dengan 15 guru kelas di Sekolah Dasar. Analisis data menggunakan analisis tematik data kualitatif. Hasil analisis menemukan empat tema utama yaitu, dampak positif, kegiatan, praktik dan hambatan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian ini berkontribusi pada pengelolaan kelompok belajar dan rombongan belajar pada siswa yang masih kurang efektif. Secara garis besar, keberhasilan kurikulum akan sangat ditentukan oleh kesiapan teknologi, dampak positif dan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah, lembaga penjaminan mutu pendidikan, perguruan tinggi, sekolah, guru, orang tua dan masyarakat.

References

Aliyyah, R. R., Subasman, I., Herawati, E. S., & Oktaviany, V. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah: Optimalisasi Mutu Pendidikan. Tadbir Muwahhid, 5(1), 47-67.

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157-165.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2004). Kurikulum Berbasis

Kompetensi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Haryanto, Arief. (2020). Pendidikan Abad ke-21: Menggagas Kurikulum

Merdeka. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Nurisma, D. S., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Analisis Tingkah Laku Peserta Didik pada Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(6), 3065-3085.

Permendikbud RI No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan

Dasar dan Menengah.

Permendikbud RI No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013.

Sanjaya, Wina. (2018). Kurikulum Merdeka: Menggagas Transformasi

Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sadiman, Arif. (2017). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:

PT Raja Grafindo Persada.

Safitri, J., Aliyyah, R. R., & Gaffar, A. A. (2022). Implementasi Kurikulum Dalam Manajemen Berbasis Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Al-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 141-154.

Sanjaya, Wina. (2018). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryantika, I., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Pembelajaran di Luar Kelas pada Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(6), 3103-3134.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Wulandari, & Aliyyah, R. R. . (2024). Praktik Baik dalam Mengelola Kelompok dan Rombongan Belajar: Studi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Dasar . Karimah Tauhid, 3(1), 357–370. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11636

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>