Pelayanan Administrasi Kependudukan

Main Article Content

Gotfridus Goris Seran
Riska Adita Syafitri
Ginung Pratidina

Abstract

Pelayanan dalam memberikan kepuasaan kepada pelanggan dengan berbagai cara seperti pelayanan berkualitas dan pelayanan suportif sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Mengasihkan pelayanan yang baik akan memberikan tingkat kesenangan kepada pelanggan, membina hubungan jangka panjang dengan pelanggan, serta dapat membantu mencapainya tujuan dalam suatu organisasi dengan membangun reputasi yang positif. Salah satu pelayanan publik adalah administrasi publik. Administrasi publik merupakan sebuah kegiatan dalam pembuatan berkas dengan data kependudukan memakai pendaftaran masyarakat, penulisan sipil, manajemen informasi serta pemanfaatan yang memberikan hasil untuk pelayanan publik dan penyusunan sektor lainnya. Administrasi kependudukan ada untuk mengelola berbagai macam dokumen untuk mencatat dan menganalisa masyarakat dan akan di berikan kepada pemerintah. Kantor Kecamatan Ciawi merupakan salah satu yang mengadakan pelayanan administrasi khususnya administrasi kependudukan. Metode dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dengan mengapatkan dari kegiatan sehari-hari. Peneliti mengetahui apa saja jenis administrasi kependudukan yang berada di kantor Kecamatan Ciawi dan bagaimana pelayanan yang diberikan kepada masyarakat khususnya ketika mengelola administrasi kependudukan.

Article Details

How to Cite
Seran, G. G. ., Syafitri, R. A. ., & Pratidina, G. . (2024). Pelayanan Administrasi Kependudukan . Karimah Tauhid, 3(2), 1372–1379. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11609
Section
Articles

References

Damayanti, D. A., Yuningsih, N. Y., & ... (2022). "Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Masa Peralihan Layanan Tahun 2021 Di Kota Bandung". Jurnal Administrasi Pemerintahan (JANITRA), 2(2), 323–337.

Della, A. C. (2023). “Kinerja Perangkat Desa Dalam Pelaksanaan Pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) Di Desa Pagar Dewa Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat”. JURNAL ISIP VOICE. 2(1), 151-162

Gatiningsih. Kependudukan dan Ketenagakerjaan. Semarang: Fakultas Manajemen Pemerintahan IPDN, 2017.

Herlina. (2023) “Inovasi pelayanan kartu keluarga (kk) pada masa pandemi covid-19 di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota palangka raya”. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 9(2), 151-158

Hubaib, F. Bazarah, J. Jubaidi, A. (2021). "Konsep Pelayanan Publik di Indonesia (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia)". Jurnal Dedikasi, 22(2), 105-122.

Kurniawan, R. C. (2016). "Tantangan kualitas pelayanan publik pada pemerintah daerah". Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 7(1), 15–26.

PERDA Kabupaten Bogor. (2017). Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 2 Tahun 2017 tentang Administrasi Kependudukan pasal 1 ayat 31.

RI, P. P. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik (pasal 1 ayat 1) (pp. 1–77).

Rianti, S. (2019). "Kualitas Pelayanan Publik". Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 15(3), 412–419. https://doi.org/10.36917/japabis.v1i1.7

Rohman, Didik , Fatkhur ; Imam, H. M. H. (2010). "Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan Terpadu (Studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang) Didik Fatkhur Rohman, Imam Hanafi, Minto Hadi". Jurnal Administrasi Publik Universitas (JAP) Brawijaya Malang, 1(5), 962–971.

Sasongko, H. (2023). Layanan Sehari Jadi, Disdukcapil Kabupaten Bogor Adakan Gebyar Adminduk 21-25 Feb 2023. Diakses pada 09 Agustus 2023 dari https://www.beritautama.co.id/jabodetabek/pr-5126542118/layanan-sehari-jadi-disdukcapil-kabupaten-bogor-adakan-gebyar-adminduk-21-25-feb-2023

Suandi. (2019). "Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur". Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK), 1(2), 13-22.

Sumigar Failen, R. (2018). "Kualitas Pelayanan Publik di Kantor UPTD Samsat Kosio Kabupaten Bolaang Mongondow". Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1(1).

Suryana. (2018). "Pelayanan publik : kewajiban dan kendalanya". Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 1(7), 1–13.

Suryani, I., & Jamaluddin. (2016). "Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Kantor Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa". Jurnal Office, 2(2), 134–142.

Suryantoro, B. (2020). “Analisis kualitas pelayanan publik pada politeknik pelayaran Surabaya.” Jurnal Baruna Horizon, 3(2), 223-229.

Sussanti. (2019). “Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Pindah Kependudukan Di Kantor Kelurahan Tatura Utara Kecamatan Palu Selatan Kota Palu”. Jurnal Administrator, 3(2), 71-77.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>