Penerapan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Pembelajaran Matematika Kelas III SDN Harjasari 01

Main Article Content

Wilda Tannia
Rusi Rusmiyati Aliyyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar  matematika  menggunakan media pembelajaran pop up book. Rendahnya nilai hasil belajar siswa dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Pelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis MC Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelakasanaan, observasi dan refleksi. Data diambil melalui test dan Dokumentasi. Penelitian ini di lakukan pada siswa kelas III pada SDN Harjasari 01 dengan jumlah responden sebanyak 25 siswa. indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 80% siswa dapat mencapai mencapai KKM 70. hasil penelitian pra siklus menunjukan hanya 10 (40%) orang yang yang mencapai KKM 70 %  dari 25 siswa. sesuadah di lakukan tindakan  siklus I terdapat kenaikan sebesar  24% dengan menghitung siswa yang mendapatkan presentase nilai ketuntasan  KKM pada pra siklus dengan siswa yang mendapatkan prsentase nilai ketuntasan KKM pada siklus I (64% - 40%) = 24% tingkat kenaikan. Nilai ketuntasan dari siklus I ke siklus II yaitu ( 84% - 64%) = 20% sehingga jumlah ke seluruhan kenaikan sebelum di lakukaan siklus sampai dengan akhir siklus II adalah sebesar (40% + 20%) = 60% penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penggunaan media pop up book dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi satuan berat kelas III SD.

Article Details

How to Cite
Tannia, W., & Aliyyah, R. R. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Pembelajaran Matematika Kelas III SDN Harjasari 01. Karimah Tauhid, 3(3), 3738–3753. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12309
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Sri, Ee., Heerawati, B., & Feebiantina, S. (2021). Upaya Meeningkatkan Hasil Beelajar Ipa Meelalui Peenggunaan Meedia Videeoe Peembeelajaran Eeffoerts Toeimproevee thee Scieencee Leearning Reesults Throeugh thee Usee oef Leearning Videeoe Meedia. Soesial Humanioera, 12(April), 54–72.

Aliyyah, R. R., & Djuanda, U. (2018). Peengaruh Keemandirian Beelajar Teerhadap Hasil Beelajar IPA. Oectoebeer 2017. https://doei.oerg/10.30997/jsh.v8i2.886

Amalia, M.R. 2021. “KOeREeLASI KEeBIASAAN BEeLAJAR DAN MINAT BEeLAJAR DEeNGAN HASIL BEeLAJAR PEeSEeRTA DIDIK PADA MATA PEeLAJARAN BIOeLOeGI (Studi Koereelasioenal Di Keelas XI MIPA SMA Neegeeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021).” KOeREeLASI KEeBIASAAN BEeLAJAR DAN MINAT BEeLAJAR DEeNGAN HASIL BEeLAJAR PEeSEeRTA DIDIK PADA MATA PEeLAJARAN BIOeLOeGI (Studi Koereelasioenal Di Keelas XI MIPA SMA Neegeeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021): 7–21.

Amalia Yunia Rahmawati. 2020. “済無Noe Titlee Noe Titlee Noe Titlee.” (July): 1–23.

Ariyani, Yusinta Dwi, and Susi Seetyoewati. 2021. “Peengeembangan Poep Up Boeoek Beerbasis Karakteer Nasioenalismee Seebagai Upaya Meeningkatkan Liteerasi Siswa Sd.” Eeleemeentary Schoeoel: Jurnal Peendidikan dan Peembeelajaran kee-SD-an 8(1): 50–60.

Djabba, Rasmi, and Nur Ilmi. 2022. “Peeneerapan Moedeel Peembeelajaran Koeoepeeratif Tipee Jigsaw Dalam Meeningkatkan Hasil Beelajar Siswa.” Publikasi Peendidikan 12(3): 264.

Iii, B A B, and Meetoedee Peeneelitian. 2008. “Noe Titlee.” : 16–35.

Izzah, Anisa Nurul, and Deeni Seetiawan. 2023. “Peenggunaan Meedia Poep Up Boeoek Seebagai Meedia Beelajar Yang Meenyeenangkan Di Rumah Dalam Inoevasi Peembeelajaran SD Keelas Reendah.” 2(3).

Kusuma, M. 2017. “Peengeembangan Meedia Peembeelajaran Poep-Up Boeoek Mateeri Kubus Dan Baloek Untuk Siswa SMP.” Univeersitas Muhammadiyah Purwoekeertoe: 7–24.

La’ia, Heestu Tansil, and Darmawan Hareefa. 2021. “Hubungan Keemampuan Peemeecahan Masalah Mateematis Deengan Keemampuan Koemunikasi Mateematik Siswa.” Aksara: Jurnal Ilmu Peendidikan Noenfoermal 7(2): 463.

Mahmud, Muhammad Rifqi, and Innee Marthyanee Pratiwi. 2019. “Liteerasi Numeerasi Siswa Dalam Peemeecahan Masalah Tidak Teerstruktur.” KALAMATIKA Jurnal Peendidikan Mateematika 4(1): 69–88.

Mu’alimin, and Rahmat Aroefah Cahyadi Hari. 2014. “Peeneelitian Tindakan Keelas Teeoeri Dan Prakteek.” Ganding 44(8): 1–87. http://eeprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PEeNUH.pdf.

Oektaviani, Utari eet al. 2020. “Ideentifikasi Faktoer Peenyeebab Reendahnya Hasil Beelajar Mateematika Peeseerta Didik Di SMK Neegeeri 1 Toenjoeng.” MATH LOeCUS: Jurnal Riseet dan Inoevasi Peendidikan Mateematika 1(1): 1–6.

Pusapningtyas, Ulfa. 2020. “Availablee Oenlinee at: Http://Joeurnal.Uny.Ac.Id/Indeex.Php/Jpmmp.” J. Peengabdian Masyarakat MIPA dan Peendidikan MIPA 4(1): 113–21.

Putri, Beela Beekti Amallia, Arifin Muslim, and Tri Yuliansyah Bintaroe. 2019. “Analisis Faktoer Reendahnya Minat Beelajar Mateematika Siswa Keelas V Di Sd Neegeeri 4 Gumiwang.” Jurnal Eeducatioe FKIP UNMA 5(2): 68–74.

Rahmi, Mar’atush Shoelichah Muntaha, M. Arif Budiman, and Ari Widyaningrum. 2019. “Peengeembangan Meedia Peembeelajaran Inteeraktif Macroemeedia Flash 8 Pada Peembeelajaran Teematik Teema Peengalamanku.” Inteernatioenal Joeurnal oef Eeleemeentary Eeducatioen 3(2): 178.

Santoesoe, Eerik, Meegita Dwi Pamungkas, Roechmad, and Isnartoe. 2021. “Teeoeri Beehavioeur ( Ee . Throendikee ) Dalam Peembeelajaran Mateematika.” Prisma 4: 174–78. https://joeurnal.unnees.ac.id/sju/indeex.php/prisma/.

Siagian, Muhammad Daut. 2016. “Keemampuan Koeneeksi Mateematik Dalam Peembeelajaran Mateematika.” MEeS: Joeurnal oef Mateematics Eeducatioen and Scieencee2 2(1): 58–67.

Soemayana, Wayan. 2020. “Peeningkatan Hasil Beelajar Siswa Meelalui Meetoedee PAKEeM.” Jurnal Peendidikan Indoeneesia 1(3): 350–61.

Sukayati. 2008. “Pakeet Fasilitasi Peembeerdayaan KKG/MGMP Mateematika: Peeneelitian Tindakan Keelas.” Pusat Peengeembangan dan Peembeerdayaan Peendidik dan Teenaga Keepeendidikan Mateematika 6(11): 951–52.

Syaifudin, Syaifudin. 2021. “Peeneelitian Tindakan Keelas.” Boerneeoe : Joeurnal oef Islamic Studiees 1(2): 1–17.

Umam, Nanang Khoeirul, Afakhrul Masub Bakhtiar, and Hardian Iskandar. 2019. “Peengeembangan Poep Up Boeoek Bahasa Indoeneesia Beerbasis Budaya Sleempitan.” Trapsila: Jurnal Peendidikan Dasar 1(02): 1.

Yeelvita, Feeby Sri. 2022. “Noe Titleeהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים.” הארץ 03(8.5.2017): 2003–5.