Implementasi Kurikulum Merdeka: Analisis Tingkah Laku Peserta Didik pada Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11110Keywords:
Kurikulum Merdeka, Tingkah Laku, Peserta Didik.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya guru penggerak dalam mengelola tingkah laku peserta didik dalam pengimplementasian kurikulum merdeka di sekolah dasar (SD). Hal ini dilakukan peneliti karena rendahnya tingkah laku baik peserta didik di SD, sehingga membuat peneliti tertarik untuk meneliti kasus ini. Metodologi yang digunakan yaitu studi kasus dengan mengkaji data dalam suatu konteks atau fenomena. Pengumpulan data dilakukan secara bertahap, melalui survei online kemudian wawancara semi terstruktur untuk mendapatkan data yang mendalam. Hasil penelitian menyatakan bahwa perlunya memotivasi peserta didik, memberikan contoh perilaku baik, membuat suasana kelas yang aman, nyaman, dan kondusif sehingga pembelajaran akan lebih menyenangkan dan akan tumbuh tingkah laku baik pada diri mereka.
References
Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126. https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.886
Aliyyah, R. R., Reza, R., Achmad, S., Syaodih, E., Nurtanto, M., Sultan, A., Riana, A., & Tambunan, S. (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 Pandemic Period : A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109.
Anney, V. N. (2014). Ensuring the quality of the findings of qualitative research: Looking at trustworthiness criteria. Journal of Emerging Trends in Educational Research and Policy Studies (JETERAPS), 5(2), 272–281.
Braun, V., Clarke, V., Braun, V., & Clarke, V. (2017). Applied Qualitative Research in Psychology. Applied Qualitative Research in Psychology, 0887(2006). https://doi.org/10.1057/978-1-137-35913-1
Heryahya, A., Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 548-562.
Ishak, I. D. (2019). Urgensi Mata Kuliah Pendidikan Karakter Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Dalam Kontelasi Guru Sebagai Role Model Bagi Peserta Didik. Akademika : Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 7(2), 91. https://doi.org/10.31314/akademika.v7i2.314
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Mantra, I. B. N., Pramerta, I. G. P. A., Arsana, A. A. P., Puspadewi, K. R., & Wedasuwari, I. A. M. (2022). Persepsi guru terhadap pentingnya pelatihan pengembangan dan pelaksanaan kurikulum merdeka. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6313-6318.
Mawati, A. T., Hanafiah, & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primar Edu, 1(1), 69–82. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/primary/article/view/316/89
Pane, M., & Aly, H. N. (2023). Orientasi dan Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Journal on Education, 5(3), 6165–6171. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1388
Safitri, A. O., Handayani, P. A., Sakinah, R. N., & Prihantini, P. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 116–128. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1926
Shofia Hattarina, Nurul Saila, Adenta Faradila, Dita Refani Putri, & RR.Ghina Ayu Putri. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 181–192. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Suratno, J., Sari, D. P., & Bani, A. (2022). Kurikulum Dan Model-Model Pengembangannya. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(1), 67–75. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/matematika/article/view/4129/2669
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Diva Syakira Nurisma, Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.