Bentuk Nasionalisme Mengisi Kemerdekaan dalam Film Pendek di Youtube “Dia Harus Pergi Dari Sini” Karya Follow Your Dream Pictures dengan Pendekatan Semiotika Charles Sanders Peirce dan Ferdinand De Saussure

Main Article Content

Mentari Yuarna Setiawan
Sukarelawati
Agustini

Abstract

Pada tahun 2020 sekolompok anak muda Bogor yang tergabung dalam komunitas Follow Your Dream Pictures meluncurkan film pendek ke duanya di kanal Youtubenya yang berjudul “Dia Harus Pergi dari Sini”. Film pendek tersebut bertemakan tentang nasionalisme yang didalamnya menceritakan tiga tokoh utama yang mengajak masyarakat melakukan upacara kemerdekaan Republik Indonesia di era new normal. Film adalah satu diantara bentuk media massa yang menyimpan pesan didalammnya. Pesan non verbal lebih di tekankan dalam film ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana bentuk nasionalisme dalam film pendek Dia Harus Pergi Dari Sini Karya Follow Your Dream Pictures menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce dan Ferdinand De Saussure. Pendekatan penelitian ini kualitatif fenomenologi dengan metode analisis semiotika. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dengan observasi pengamatan film dan wawancara, sedangkan data sekunder dari dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film pendek “Dia Harus Pergi Dari Sini” mengandung bentuk-bentuk nasionalisme dari analisis semiotika Charles Sanders Peirce dan Ferdinand de Saussure yang berhubungan dengan mengisi kemerdekaan yang menggambarkan ajakan untuk melakukan upacara kemerdekaan di era new normal.

Article Details

How to Cite
Setiawan, M. Y., Sukarelawati, & Agustini. (2023). Bentuk Nasionalisme Mengisi Kemerdekaan dalam Film Pendek di Youtube “Dia Harus Pergi Dari Sini” Karya Follow Your Dream Pictures dengan Pendekatan Semiotika Charles Sanders Peirce dan Ferdinand De Saussure. Karimah Tauhid, 2(6), 2572–2580. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.10620
Section
Articles

References

Baran, Stanley J. (2012). Pengantar Komunikasi Massa I Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Cangara, Hafield. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Effendy, Heru. (2014). Mari Membuat Film Panduan Menjadi Produser. Yogyakarta: Panduan.

Effendy, Onong Uchjana. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hariyono. (2014). Ideologi Pancasila Roh Progresif Nasionalisme. Malang: Instrans Publishing.

Kansil, Christine. (2016). Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kristanto, JB. (2015). Nonton Film Nonton Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Little John, W Stephen. (2017). Teori Komunikasi: Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Luthfie, Muhammad. (2019). Semiotika Dalam Kajian Komunikasi. Bogor: Ajifandi Pers.

Prakosa, Gatot. (2014). Ketika Film Pendek Bersosialisasi. Jakarta: Yayasan Layar Putih.

Sobur, Alex. (2017). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soekanto, Soerjono. (2017). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Vera, Nawiroh. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wibowo, Indiwan S.W. (2014). Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

William L River, ET AL. (2013). Media Massa dan Masyarakat Modern-eds 2. Kencana Pranada Group.

Sumber Jurnal:

Arifiyanto, Fajar. (2015). Pengembangan Film Pendek Berbasis Kontekstual Untuk Kompetensi Menulis Naskah Drama. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Semarang. Vol. 4 No. 2, Hal 80.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>