Keterpaan Instagram @Visitbogor terhadap Pemilihan Destinasi Wisata Kuliner Followers
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.15556Keywords:
Destinasi Wisata Kuliner, Instagram, Konten Akun InstagramAbstract
Media sosial instagram pada awalnya sering dipakai oleh pengguna untuk melihat dan membagikan foto maupun video yang dapat menjangkau seluruh dunia. Namun pada perkembangannya, pengguna memanfaatkan instagram untuk kegunaan lain seperti mencari kebutuhan informasi berupa berita, rekomendasi tempat wisata, kuliner dan sebagainya. Akun Instagram @visitbogor hadir dan dimanfaatkan oleh followers-nya untuk mencari kebutuhan informasi tersebut lantaran sering membagikan berbagai informasi rekomendasi wisata, kuliner hingga berbagai event yang ada di Kota Bogor. Tujuan penelitian untuk mengkaji keterpaan akun Instagram @visitbogor terhadap pemilihan destinasi wisata kuliner followers. Tekink pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner yang dianalisis dengan rumus Weight Mean Score (WMS). Hasil penelitian menunjukan bahwa konten akun instagram @visitbogor (X) meraih hasil skor rata-rata 4,13 yang dinyatakan termasuk kriteria BAIK. Sementara pada variabel pemilihan destinasi wisata kuliner followers (Y) meraih skor rata-rata 4,02 yang termasuk kriteria BAIK.
References
Aisyah, A. P., Nurhaepi, H. D., Khaerani, N., & Kusumadinata, A. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Tiktok Shop Terhadap Kepuasan Konsumen. KARIMAH TAUHID, 1(6), 890–902. doi:https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i6.7699.30997/karimahtauhid.v1i6.7648
Cahyani, A., Hasbiyah, D., & Kusumadinata, A. A. (2022). Social Media Marketing UKM Chika Furniture Melalui Instagram. KARIMAH TAUHID, 1(4), 1-11.
Gustam, R. R. (2015). Karakteristik Media Sosial dalam Membentuk Budaya Populer Korean Pop di Kalangan Komunitas Samarinda dan Balikpapan. . EJournal Ilmu Komunikasi, 3(2), 224-242.
Indriani, N. H., & Zelfia, Z. (2022). Content Analysis Of Instagram Stories Features As Interpersonal Communication Media For Instagram Users In Makassar City. Respon Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 3(1), 150-157.
Khoiriya, U., Kusumadinata, A., & Hasbiyah, D. (2023). Marketing Communication Of Indigenous People's Products Through Instagram Social Media @Gerainusantara_Aman. Indonesian Journal of Applied and Industrial Sciences (ESA), 2(5), 507–518. doi: https://doi.org/10.55927/esa.v2i5.6008
Kusumadinata, A. A., & Sumah, A. S. (2023). Penguatan Kemampuan Mahasiswa dalam Mendalami Desain Komunikasi Grafis dalam Acara Talkshow Bersama Praktisi. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(2), 108-115.
Kusumadinata, A. A., Amalia, N., Biralda, M., & Hanafi. (2023). Rekognisi Melalui Webinar Branding Desain Grafis Di Era 4.0. Jurnal Pengabdian Pasca Unisti (JURDIANPASTI), 1(1), 45-59. Hämtat från https://www.ejournal.pps-unisti.ac.id/index.php/jurdianpasti/article/view/130
Kusumadinata, A. A., Khoulah, K., F. S., & Sumah, A. S. (2023). Membangun Konsepsi Literasi Digital Kepada Ikatan Remaja Masjid. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia,, 3(193–200), 2. doi:https://doi.org/10.59025/js.v2i3.102
Kusumadinata, A., Sumah, A., & Suryatna, U. (2023). Paparan Media Iklan Media Sosial Kepada Petani Jagung. Jurnal Multidisiplin Madani , 3 (11), 2235-2242.
Sulaeman, A. R., Fazri, A., & Fairus, F. (2020). Strategi Pemanfaatan Youtube Dalam Bidang Dakwah Oleh Ulama Aceh. Communication, 11(1), 81-93.
Sulisti, E. M. (2021). Analisis Wacana Kampanye Sosial Pulih bersama di Instagram . Bengkulu : UIN FAS .
Ulya, M., & Zannah, S. R. (2024). Dampak Daya Beli dan Penetrasi Internet Terhadap Pertumbuhan Bisnis Start Up di Indonesia. J-DBS: Journal of Darunnajah Business School, 1(1), 21-30.
wearesocial. (2024). Digital 2024. Hämtat från https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/: https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/
Yolandasari, A. (2021). Dakwah Melalui Media Sosial Instagram (Respon Followers Pada Akun@ remaja. islami). Metro : IAIN Metro .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Ridzqi Subarkah, Ali Alamsyah Kusumadinata, Muhammad Luthfie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.