Analisis Kualitas Pelayanan Penyelenggaraan Pelatihan di Pusat Pengembangan Kepegawaian ASN Badan Kepegawaian Negara

Authors

  • Siti Aryati Universitas Djuanda
  • Rita Rahmawati Universitas Djuanda
  • Euis Salbiah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.15055

Keywords:

kualitas Pelayanan, Penyelenggara Pelatihan, Pengembangan Pegawai, Profesiionalitas

Abstract

Dalam meningkatkan kualitas layanan, pemerintah menerbitkan Panduan Standar Pelayanan, Peraturan Menteri PANRB Nomor 15 Tahun 2014. Penelitian ini menganalisis kualitas pelayanan pelatihan di Pusat Pengembangan Kepegawaian ASN BKN, yang mengalami fluktuasi kepuasan dari 2020 hingga 2023, dengan penurunan pada 2023 akibat masalah dalam alat bantu, materi, dan fasilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menilai kualitas layanan yang diberikan kepada peserta pelatihan, berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan lokasi di Pusat Pengembangan Kepegawaian ASN BKN. Pengumpulan data melalui kuesioner melibatkan 94 sampel responden dari total 1.682 populasi peserta pelatihan pada tahun 2022, yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan rumus slovin atau yamane. Data dikumpulkan melalui penelitian kepustakaan, observasi, wawancara, dan kuesioner. Metode Weight Mean Score (WMS) digunakan untuk menganalisis data, dengan fokus pada variabel tunggal. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan di Pusbangpeg ASN BKN secara menyeluruh menerima nilai "sangat baik", yang secara keseluruhan menghasilkan ratarata skor 4,27. Dimensi empathy (empati) mendapat nilai tertinggi dengan skor 4,38, sementara dimensi reliability (kehandalan) memiliki nilai terendah dengan skor 4,13. Meskipun hasilnya sangat memuaskan, untuk mencapai kriteria yang lebih optimal, masih ada beberapa elemen yang perlu diperbaiki.

References

Adhi, A. E. (2016). Membaca Pusbang Asn Bkn 2015-2019 Sekilas Pemikiran Dan Dokumentasi Sebagian Hasil Kerja Januari. Ciawi: Pusbangpegasn.

Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Peserta Pelatihan Dasar Cpns Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 45. Https://Doi.Org/10.33087/Eksis.V11i1.19

Anggraeni, M. R., Renaldi, M., Setiyani, M. D. N., Salbiah, E., & Wahyudin, C. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Dinas Pemadam Kebakaran Kepada Masyarakat Wilayah Ciawi. Karimah Tauhid, 3 (4), E-Issn 2963-590x.

Anisa, B. N., Rahmawati, R., & Ramdani, F. T. (2024). Kualitas Pelayanan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Dalam Penyediaan Air Bersih Bagi Masyarakat Di Kota Bogor. Karimah Tauhid, 3(4), E-Issn 2963-590x.

Bkn, P. (2014). Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (Bkn) Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Badan Kepegawaian Nomor 19

Brillianjaya, A. (2020). Pengaruh tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy terhadap kepuasan nasabah pembiayaan bank konvensional dan bank syariah. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Henryanto. 2014. Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Diklat dari Kualitas Pelayanan Diklat Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, 2 (1).

Ketut Sutarga, I. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Pembelajaran ELearning Terhadap Kepuasan Peserta Pelatihan: Studi Kasus Pada Balai Diklat Geospasial – Badan Informasi Geospasial. Jurnal Good Governance. Vol. 18 No. 2

Kristina, L., Rahmawati, R., & Salbiah, E. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Imb Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Bogor Di Wilayah Kecamatan Bogor Timur. Jurnal Governansi, 4(1), 33.

Munispa, S., Amri, C., & Rahmawati, R. (2016). Studi Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Ciawi Kabupaten Bogor. Jurnal Governansi, 2(2), 93. Nugroho, T., Khuriyana Kementerian Desa, E., Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi, P., Empang Tiga Dalam No, J., & Selatan, J. (2021). Pengukuran Kualitas Layanan Pendidikan Metode Servqual Dalam Rangka Menciptakan Loyalitas Peserta Pada Pelaksanaan Latsar Cpns. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 2(4), 201–212.

Pusbangpegasn. (2022). Tugas Dan Funsi Pusat Pengembangan Kepegawaian Asn Bkn. Retrieved Juni 20, 2022, From Https://Pusbangasn.Bkn.Go.Id Pusbangpegasn. (2023).

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Rizki Rahmawati, Alifira (2022) Kualitas Pelayanan Vaksin Covid-19 Bagi Masyarakat Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. Skripsi, Universitas Djuanda Bogor.

Saputra, M. A., Maksudi, B. I., & Hermawan, D. (2015). Analisis Kualitas Pelayanan Di Ppmkp Ciawi Bogor The Analysis Of Service Quality At Ppmkp Ciawi Bogor.

Silvia, F., Hernawan, D., & Purnamasari, I. (2024). Efektivitas Sistem Informasi Pelatihan Sertifikasi dan Kompetensi Teknis Manajemen ASN dalam Aplikasi Siplasma di Pusat Pengembangan Kepegawaian ASN BKN. Karimah Tauhid, 3(3).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Edisi 2, cetakan ke 29. Bandung: ALVABETA CV.

Sukmawati. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Pelatihan Pada Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku Kabupaten Gowa. Institut Teknologi Dan Bisnis Nobel Indonesia

Tanjung, N. H., Salbiah, E., & Apriliani, A. (2022). Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga (Kk) Pada Kantor Kecamatan. Jurnal Governansi, 8(2), 141.

Yullyndra. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Nilai Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey pada Peserta Pelatihan Kerjasama Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang-Bandung Tahun 2015) di Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang. Thesis(S2), Unpas

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Aryati, S. ., Rahmawati, R., & Salbiah, E. . (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Penyelenggaraan Pelatihan di Pusat Pengembangan Kepegawaian ASN Badan Kepegawaian Negara. Karimah Tauhid, 3(8), 9455–9472. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.15055
Abstract viewed = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>