Kualitas Pelayanan PERUMDA Tirta Pakuan Kota Bogor dalam Penyediaan Air Bersih Bagi Masyarakat di Kota Bogor

Main Article Content

Bella Nur Anisa
Rita Rahmawati
Faisal Tri Ramdani

Abstract

Perusahaan air minum ialah perusahaan pelayanan jasa yang berperan memberikan kemudahan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air, tetapi dalam memberikan layananannya ditemukan adanya permasalahan diantaranya dalam hal pelayanan penyediaan air bersih yang belum optimal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan PERUMDA Tirta Pakuan Bogor pada pengadaan Air Bersih. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan mengambil lokasi pada Perumda Tirta Pakuan Bogor. Sampel yang digunakan sebanyak 30 orang pegawai dari populasi 400 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Untuk memperoleh data yang komprehensif, dilakukan pengambilan data pada sumber data Masyarakat, dengan sampel sebanyak 119 orang dari populasi sebanyak 174.410, yang diambil melalui rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan studi literatur. Analisis data menggunakan analisis statistic sederhana melalui Weigh Mean Score (WMS). Hasil penelitian menunjukkan temuan data bahwa kualitas pelayanan PERUMDA Tirta Pakuan Bogor pada pengadaan air bersih untuk masyarakat di kota Bogor sudah sangat bagus, hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 4,29 dengan kriteria sangat baik berdasarkan hasil penilaian pegawai. Namun penilaian pelanggan rata-rata sebesar 3.61 pada semua indicator dengan kriteria baik. Indikator yang memperoleh penialaian tinggi adalah indicator kenyamanan tempat pelayanan, yang mendapatkan skor nilai 3,89 dengan kriteria baik, sedangkan rata-rata nilai yang paling rendah adalah indicator “memberikan jaminan terhadap masalah” dengan rata-rata skor 3,29 kriteria cukup baik. Hal tersebut terjadi karena pegawai memberikan janji yang tidak ditepati.

Article Details

How to Cite
Anisa, B. N. ., Rahmawati, R., & Ramdani, F. T. (2024). Kualitas Pelayanan PERUMDA Tirta Pakuan Kota Bogor dalam Penyediaan Air Bersih Bagi Masyarakat di Kota Bogor. Karimah Tauhid, 3(4), 4533–4546. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12750
Section
Articles

References

Abdussamad, J. (2019). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 6(2), 73-82.

Astuti, N. (2014). Penyediaan Air Bersih Oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur. Journal Administrasi Negra, 3(2), 678-689.

Billah, M. N. M. T., & Warsono, H. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Inap Puskesmas Wedung II Kabupaten Demak. Journal of Public Policy and Management Review, 5(2), 823-840.

Cecep Triwibowo, Etika Dan Hukum Kesehatan (Yogyakarta: Nuha Medika,2014)hlm.16.

Dinah, S. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang. Jurnal Kompetitif, 3(1).

Fadillah, T., & Nurhayati, N. (2022). Strategi PDAM Tirta Sari Binjai dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Air Bersih di Kota Binjai (Studi Pada Kantor PDAM Kota Binjai). JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 635-639.

Hardiansyah. Kualitas Pelayanan Publik (Yogyakarta: Gava Media 2011) hal.46.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2019). Kajian Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Nasabah Perbankan di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 26(1).

Sihotang, M. F. (2018). Penerapan Prinsip-Prinsip Hazard Analysis Critical Control Point (Haccp) Di Instalasi Gizi Rumah Sakit Indrasari Rengat Tahun 2017.

Kurniati, T., & Nurhayati, N. (2020). Analisis Kredit Bermasalah Dilihat Dari Standar Non Performing Loan (NPL) Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) TBK. Inovator, 9(1), 17-22.

Kristina, L., Rahmawati, R., & Salbiah, E. (2018). Peningkatan kualitas pelayanan IMB dalam meningkatkan pendapatan asli daerah Kota Bogor diwilayah Kecamatan Bogor Timur. Jurnal Governansi.

Maser, A., Hardianto, W. T., & Firdaus, F. (2018). Strategi PDAM dalam Meningkatkan Kualitas Air Bersih untuk Menunjang Pembangunan di Kota Wisata Batu (Studi Pada Kantor PDAM Kota Batu). JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(2).

Maimuna, S. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan air bersih terhadap kepuasan pelanggan pada pdam ikk jejangkit di kecamatan jejangkit kabupaten barito kuala. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Mizanullah, I. Q., Pratidina, G., & Apriliani, N. V. (2023). Kualitas Pelayanan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT). Karimah Tauhid, 2(6), 2371-2378.

Novaldy, T., & Mahpudin, A. (2021). Penerapan Aplikasi Dengan Menggunakan Barcode Dan Aplikasi Untuk Laporan Presensi Kepada Orang Tua. ICT Learning, 5(1).

Rafi, M., Rahmawati, R., & Purnamasari, I. (2023). Kualitas Pelayanan Program Jemput Bola pada Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 2(6), 3202-3212.

Rahmawati, R., Fitriyana, D., Pratidina, G., & Seran, G. G. (2024). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(2), 1349-1361.

Yuliarmi, N. N., & Riyasa, P. (2007). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap pelayanan PDAM Kota Denpasar. Buletin Studi Ekonomi, 12(1), 9-28.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>