Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu

Main Article Content

Irma Purnamasari
Gladys Marsha brata
Faisal Tri Ramdani
M. Yusuf GG Seran

Abstract

Pelayanan mengacu pada suatu kegiatan atau proses yang memberikan bantuan, dukungan, informasi atau kepuasan kepada orang lain atau pelanggan di berbagai bidang seperti bisnis, manajemen, pelayanan kesehatan, pendidikan, dll. Suatu layanan biasanya melibatkan komunikasi antara penyedia layanan dan penerima layanan, dimana tujuan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan, harapan, atau keinginan pelanggan atau penerima layanan. Salah satu contoh pelayanan yaitu administrasi publik. Kantor Kecamatan Ciawi menjadi salah satu contoh pelayanan administrasi publik yang melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat mengenai kebutuhan administrasi kependudukan. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penulis mengetahui layanan pengelolaan kependudukan apa saja  yang disediakan di Kecamatan Ciawi dan bagaimana layanan tersebut diberikan kepada masyarakat yang datang.

Article Details

How to Cite
Purnamasari, I., Marsha brata, G., Ramdani, F. T., & Seran, M. Y. G. . (2024). Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu . Karimah Tauhid, 3(2), 1295–1302. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11615
Section
Articles

References

Adriana Hulu (2014: 138). “Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Pada Karangan.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Djae, M. R. (2023). “Pelayanan publik dalam sorotan masyarakat di wilayah kecamatan kota Ternate Utara (Studi Tentang Efektifitas Pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu Di Kantor Lurah Kasturian)”. Jurnal Government of Archipelago, 4(1):26-33

Fahmiyati, N. (2020). “Koordinasi camat dalam pelayanan administrasi pembuatan surat keterangan tidak mampu di kecamatan Gebang kabupaten Cirebon”. Jurnal Publika Unswagati Cirebon, 8(1):1-8

(Hendri 2022)Hendri. 2022. “Efektivitas Pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) Di Desa Lereng Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar.” Jurnal Kajian Pemerintah: Journal of Government, Social and Politics 6(1): 1–13.

Issn, Japb. 2023. “Http://Jurnal.Stiatabalong.Ac.Id/Index.Php/JAPB ISSN : 2723-0937.” 6(2014).

Keliat. 2020. “Analisis Pelaksanaan Kebijakan Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Bpjs Kesehatan Cabang Kabanjahe.” Suparyanto dan Rosad 2015 5(3): 248–53.

Kemdikbud. 2018. “Pengertian Proses Konsep Proses Dalam Teknologi Pendidikan.” Pengertian Proses Dalam 20(01): 3–10.

Linda, Nurma. 2022. “188520010 - Nurma Linda - Fulltext.”

Manurung Boynes, and Nurainun Sibuea. 2021. “Perubahan Model Kebijakan Pelayanan Kepala Sekolah Di SMA Negeri 20 Medan Di Era Covid-19.” Indonesian Journal of Educational Development 2(1): 10–18.

Ristiani, I Y. 2020. “Manajemen Pelayanan Publik Pada Mall Pelayanan Publik Di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat.” Coopetition X(2): 165–78. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1768020&val=18895&title=Manajemen Pelayanan Publik Pada Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat.

Riyadin. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Keluarga Berencana Di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung (Studi Kasus Pada Desa Pekalongan).” Jurnal Simplex 2(1): 41–50.

Sentana, A. N. (2023). " Pembangunan Aplikasi Pengambilan Keputusan Pemberian Surat Keterangan Tidak Mampu Berbasis Website Pada Kelurahan Rawaterate". KalbiScientia, Jurnal Sains dan Teknologi.10(2):219-227

Wibowati, JanuarIda. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Muarakati Baru Satu Palembang.” Jurnal Manajemen 8(2): 15–31.

Yulistiawaty, Nadya Try. 2020. “Kegiatan Pramuka Di Sdn 1 Hadiluwih Berbasis Patriotisme Untuk Menumbuhkan Rasa Nasionalisme.” Doctoral dissertation Stkip Pgri Pacitan : 28–43.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.