Kualitas Pelayanan Program Jemput Bola pada Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor

Main Article Content

Muhammad Rafi
Rita Rahmawati
Irma Purnamasari

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesederhanaan persyaratan yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Prosedur yang diperlukan sangat rumit dan dapat menimbulkan stres bagi orang yang hendak menunjukkan akta kelahiran, dan pihak berwenang tidak berhati-hati dalam memberikan pelayanan. Hal ini terlihat pada hasil akta kelahiran terdapat kesalahan nama, tempat, tanggal lahir dan nama ayah/ibu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jemput bola terhadap kepuasan penduduk terhadap penyerahan akta kelahiran di Dinas Kependudukan Negara Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian deskriptif dan korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan penerbitan akta nikah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Wilayah Bogor baik. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata volume produk aktual tertinggi yaitu 4,33 dengan kategori “Sangat Baik”. Namun, ditemukan nilai mean yang rendah untuk dimensi kepercayaan. Pada kategori tertinggi sebesar 3,94. Hal ini menunjukkan masih adanya kesenjangan kualitas pelayanan dan proses pelayanan perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Berdasarkan hasil koefisien korelasi diperoleh korelasi antar variabel sebesar 0,782 dan koefisien determinasi sebesar 61,1%. Dengan kata lain, kualitas layanan Program Tangkap Bola menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap kelengkapan akta kelahiran sebesar 61,1%, dan dampak variabel lain juga sebesar 38,9%.

Article Details

How to Cite
Rafi, M., Rahmawati, R., & Purnamasari, I. (2023). Kualitas Pelayanan Program Jemput Bola pada Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 2(6), 3202–3212. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11301
Section
Articles

References

Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik. Edisi Revi. Yogyakarta: MEDIA.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Defny Holidin, Dkk. 2017. Reformasi Birokrasi Dalam Transisi.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Nawawi, Zaidan. (2015). Manajemen Pemerintah.Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Engkus, Engkus. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi”. Jurnal Governansi.

Hastuti, Wantri. 2018. Analisis Inovasi Pelayanan Perizinan Jemput Bola Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Semarang.

Mirnasari, R.M. 2013.Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya-Bungurasih.

Nurul Syah Jihan, 2019. Analisis Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Kereta Api Pangrango Kelas Eksekutif Rute Bogor-Sukabumi. Jurnal Governansi.Resmala, Villa; Hermawan, Denny & Purnamasari, Irma. 2019. Kualitas Pelayanan Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Rumah Tempat Tinggal Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Di Kota Bogor Jawa Barat. Jurnal Administratie.

Revaldo, Ayub. 2022. Efektivitas Pelayanan Kartu Identitas Anak Melalui Program Jemput Bola Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rosadi, Rudy; Munjin, R. Akhmad & Seran, G. Goris.(2020). Kualitas Pelayanan Metrologi Legal Alat Timbang Pada Sektor Publik.Jurnal GOVERNANSI, 6(2): 81-92.

AgusDwiyanto(2015).MewujudkanGoodGovernanceMelaluiPelayanan

AgusDwiyanto(2015).MewujudkanGoodGovernanceMelaluiPelayanan

EdfaMisskyah,(2021).PengaruhKualitasTerhadapKepuasanMasyarakatDalam Program PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan)diKecamatanCimangguKabupatenCilacap.UniversitasJendralSoedirman.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>