Strategi Menuju Universitas Riset yang Berkualitas dan Bereputasi
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.14870Keywords:
Universitas Riset, Reputasi, Publikasi IslmiahAbstract
Di era sekarang dosen harus mampu untuk melakukan penelitian ilmiah dan melakukan publikasi sebagai tugas yang harus dipenuhi dosen sebagai syarat Tri Darma Perguruan Tinggi. Pemerintah sekarang sudah melakukan beberapa upaya untuk mendorong dosen menerbitkan karya ilmiah, Universitas menekankan bahwa hanya dosen dan mahasiswa yang dapat membenahi kualitas kemampuan riset ilmiah yang mungkin lebih dihargai dan dapat menarik mahasiswa yang memiliki kemampuan melakukan penelitian. Oleh karena itu, universitas harus mengembangkan berbagai program pelatihan untuk dosen dan tenaga pendidik agar dapat membangun budaya riset yang diperlukan di universitas. Upaya meningkatkan kemajuan di universitas perlu ditingkatkan kembali . Melakukan riset di kampus membutuhkan unit yang berada di bawahnya agar dapat menentukan tujuan penelitian yang baik dan benar, riset membutuhkan waktu yang lama untuk dapat berkembang dengan baik dan ketika sudah selesai penelitian harus terdapat pengembangan dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian
References
Academic Tribes and Teorritories: Intelektual enquiry and the cultures of diciplines
Adiwijaya. Paradigma Baru Perguruan Tinggi. . 2009.
Cheung, A.C.K., Yuen, T.W.W., Yuen, C.Y.M., dan Cheng, Y.C. (2011), “Strategies and policies for Hong Kong’s higher education in Asian markets. Lessons from the United Kingdom, Australia, and Singapore”, International Journal of Educational Management, Vol. 25 No. 2, pp. 144- 163.
Dehghan, A., Dugger, J., Dobrzykowski, D., dan Balazs, A. (2014), “The antecedents of student loyalty in online programs”, International Journal of Educational Management, Vol. 28 No. 1, pp. 15-35.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983/1984. Materi Dasar Pendidikan Program Akta Mengajar V. Metodologi Penelitian. Buku I B. Ditjen Perguruan Tinggi. Jakarta.
Dick, W, & Carey, L. (2000). The systematic design of instruction (5th ed.). New York: AddisonWesley.
Plessis, M.D. 2005. Drivers of knowledge management in the corporate environment. International Journal of Information Management 25: 193–202.
Savery, J. R. (2006). Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1, 9-20.
Srivastava, R.K. 2001. The resource-based view and marketing: The role of marketbased assets in gaining competitive advantage. Journal of Management 27: 777–802.
Setiarso, Bambang,dkk. 2009. Penerapan Knowledge Management pada Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Halaman 8.
Soenarto. 2005. Metodologi Penelitian Pengembangan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran (Research Metodology to the Improvement of Instruction). Makalah disajikan pada Pelatihan Nasional Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas (PPKP dan PTK), bagi Dosen LPTK, Batam, 8-11 Agustus.
Sontaite, M. dan Bakanauskas, A. (2011). Measurement Model of Corporate Reputation at Higher Education Institutions : Customers’ Perspective. Systematic Research, 59, 115–130.
King, William R. 2009. Knowledge Management and Organizational Learning. New York : Springer
Johnson, D.J. 1993. Organizational Communication Structure. Norwood, NJ: Ablex Publishing Corporation
Wong, K.Y. 2005. Critical success factors for implementing knowledge management in small and medium enterprises. Industrial Management & Data Systems 105: 261– 279.
Ogbogu U, Caulfield T. “Science powers commerce”: mapping the language, justifications, and perceptions of the drive to commercialize in the context of Canadian research. Canadian Journal of Comparative and Contemporary Law. 2015;1:137–58.
Petersen A, Krisjansen I. Assembling “the bioeconomy”: exploiting the power of the promissory life sciences. Journal of Sociology. 2015;51:28–46.
Philpott K, Dooley L, O’Reilly C, Lupton G. The entrepreneurial university: examining the underlying academic tensions. Technovation. 2011;31:161–70.
Pearl RL, Lebowitz MS. Beyond personal responsibility: effects of causal attributions for overweight and obesity on weight-related beliefs, stigma, and policy support. Psychol Health. 2014;29:1176–91.
Kristiawan, M. (2015). A Model of Educational Character in High School AlIstiqamah Simpang Empat, West Pasaman, West Sumatera. Research Journal of Education, 1(2), 15-20.
Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-43
Knight, J. (2008). Higher Education in Turmoil: The Changing World of Internationalization. Rotterdam: Sense.
Nikmah, D. N. (2015). Implementasi Budaya Akademik dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Manajemen Pendidikan, 24(6), 483-490
Nursyamsi, I. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Pemberdayaan, dan Stres Kerja terhadap Komitmen Organisasional serta dampaknya terhadap kinerja dosen. In Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM) (pp. 405–423).
Wibawa, S. (2017). Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Disampaikan dalam Rapat Perencanaan Pengawasan Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri. Yogyakarta, 29, 01-15.
Tim Penyusun. Buku Putih: Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan teknologi Bidang Pertahanan dan Keamanan. Kementrian Negara Riset dan Teknologi. Jakarta.2006.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Amalia, Sudiman Sihotang , Syamsudin Ali Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.