Tridharma Perguruan Tinggi untuk Membangun Akademik dan Masyarakat Berpradaban

Main Article Content

Nur Amalia

Abstract

Tridharma Perguruan Tinggi merupakan konsep integral yang meliputi pendidikan tinggi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Konsep ini memegang peran penting dalam pembangunan akademik dan masyarakat yang berpradaban. Melalui pendidikan tinggi, Tridharma membentuk karakter dan kompetensi akademik individu yang menjadi agen perubahan dalam masyarakat. Penelitian menjadi landasan untuk inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang mendukung kemajuan berkelanjutan. Sementara itu, pengabdian kepada masyarakat mendorong integrasi ilmu pengetahuan dengan kebutuhan dan permasalahan riil yang dihadapi masyarakat. Dalam konteks pembangunan akademik, Tridharma Perguruan Tinggi memberikan landasan bagi proses pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan intelektual, keterampilan, dan nilai-nilai moral. Dengan menyediakan lingkungan yang memfasilitasi diskusi, penelitian, dan refleksi, perguruan tinggi menjadi tempat yang mendorong pertumbuhan intelektual dan karakter mahasiswa. Selain itu, melalui penelitian, lembaga pendidikan tinggi mampu menciptakan inovasi, menyelesaikan masalah kompleks, dan memberikan kontribusi berkelanjutan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan prosedural. Model pengembangan prosedural menjelaskan langkah-langkah yang perlu diikuti untuk menghasilkan suatu barang.

Article Details

How to Cite
Amalia, N. (2024). Tridharma Perguruan Tinggi untuk Membangun Akademik dan Masyarakat Berpradaban . Karimah Tauhid, 3(4), 4654–4663. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12886
Section
Articles

References

Abidin , Yunus (2017), Pembelajaran Literasi, Bumi Aksara : Jakarta

Adiguna, Mochamad Adhari, and Adi Muhajirin. "Penerapan logika fuzzy pada penilaian mutu dosen terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi." Jurnal Online Informatika 2.1 (2017): 16-19.

Adiguna, Mochamad Adhari, and Adi Muhajirin. "Penerapan logika fuzzy pada penilaian mutu dosen terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi." Jurnal Online Informatika 2.1 (2017): 16-19.

Jamaluddin, B., et al. "Desain Sistem Informasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Univesitas Hamzanwadi." Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi 5.2 (2022): 392-401.

JAMALUDDIN, B., et al. Desain Sistem Informasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Univesitas Hamzanwadi. Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 2022, 5.2: 392-401.

Endrawijaya, Ika, Eriyandi Eriyandi, and Hendro Widiarto. "Analisa Kinerja Dosen dalam Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dengan Metode Balance Scorecard." Journal on Education 6.2 (2024): 13852-13863.

Limbong, Ayu Miranda, and Masduki Asbari. "Transformasi Standar Nasional dan Akreditasi Pendidikan Tinggi." Journal of Information Systems and Management (JISMA) 3.1 (2024): 101-105.

Elistia, Elistia, Rojuaniah Rojuaniah, and Siti Mariam. "ANALISIS PENDEKATAN BALANCE SCORECARD TERHADAP SASARAN STRATEGIS PERGURUAN TINGGI SWASTA." JURNAL LENTERA BISNIS (2024): 485-496.

Liana, Lie, et al. "Penerapan Sistem Penilaian Kinerja: Dampaknya terhadap Peningkatan Kinerja." Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) 7.1 (2024): 501-510.

Mutia, Fara. "Strategi Pengembangan Karir Dosen Dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran." EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi 3.3 (2024): 625-630.

Muktamar, Ahmad, et al. "Hubungan Gaya Kepemimpinan Dan Manajemen Sumber Daya Manusia." Journal Of International Multidisciplinary Research 2.1 (2024): 181-190.

Hutapea, Sumihar, and Ellen Panggabean. "Pemanfaatan Potensi Perempuan Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Medan Area." (2004).

Yuniarto, Dwi. "Analisis Penerimaan Penggunaan Aplikasi Laporan Beban Kerja Dosen Dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Secara Online Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)(Studi Kasus Di Lingkungan Perguruan Tinggi Sebelas April Dan STMIK Sumedang)." Infoman’s 12.1 (2018).

Yuliawati, S. (2012). Kajian implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya,

YULIAWATI, Sri. Kajian implementasi tri dharma perguruan tinggi sebagai Fenomena pendidikan tinggi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya, 2012,