Peran Sejarah Terhadap Learning Manajemen System Pembelajaran (LMS)
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13324Keywords:
Learning Management, Sejarah, Pengaruh, EfektivitasAbstract
Pembelajaran sejarah memiliki peran yang sangat penting, Sejarah memberikan konteks dan kerangka kerja bagi pengembangan konten dalam LMS(Learning management System),Dengan memahami bagaimana metode pengajaran telah berevolusi dari masa ke masa, pengembangan Learning Management System ( LMS) dapat menciptakan materi yang lebih efektif dan relevan. Penelitian kualitati merupakan penelitian ilmiah yang bertujuan untuk memahami fenomena dari sudut pandang subjek. Dibandingkan dengan metode kuantitatif yang menggunakan angka dan statistik, pendekatan ini lebih menekankan pemahaman konteks, proses, dan makna. Penelitian kualitatif sering digunakan dalam ilmu sosial, antropologi, psikologi, dan bidang lain di mana pemahaman mendalam tentang fenomena sosial atau perilaku manusia diperlukan. Oleh karena itu, penting bagi pengelola LMS untuk menggunakan wawasan sejarah pembelajaran untuk menyesuaikan platform mereka dengan kebutuhan saat ini dan masa depan, sehingga dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih baik bagi pengguna.
References
Adisel, Adisel. "Manajemen Sistem Informasi Pembelajaran." Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT) 2.2 (2019): 105-112.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta
Abubakar, A. M., Elrehail, H., Alatailat, M. A., & Elçi, A. (2019). Knowledge management, decisionmaking style and organizational performance. Journal of Innovation and Knowledge, 4(2), 104– 114
Arista, H., Mariani, A., Sartika, D., Murni, D., & Harahap, E. K. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik (Input, Proses dan Output). Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 38–52.
Astutik, P., & Hariyati, N. (2021). Peran Guru Dan Strategi Pembelajaran Dalampenerapan Keterampilan Abad 21 Pada Pendidikandasar Dan Menengah.Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3)
Azizah, Ar, M., & Khairuddin. (2015). Strategi Kerjasama Sekolah Dengan Dunia USAha Dan Dunia Industri (Du/di) Dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan Pada Smk Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 3(2),
Creswell, Cathy, Chloe Chessell, and Gemma Halliday. "Parent-led cognitive behaviour therapy for child anxiety problems: overcoming challenges to increase access to effective treatment." Behavioural and cognitive psychotherapy 51.6 (2023): 512-532.
E.Bell Gredler, Margaret. 1991. Belajar dan Membelajarkan. (Penerjemah:Munandir). Jakarta:Rajawali Pres.Gagne,
Hambali, Imam. "Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran." Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5.1 (2021): 124-134.
Majid, Abdul.2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
Masitoh & Dewo, Laksmi. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag RI.
Munadi, Yudi &, Farida. 2009.Bahan Ajar PLPG:Pembelajran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mesterjon, S., and M. Kom. Teori Dan Konsep Manajemen Sistem Pembelajaran 4.0. Deepublish, 2021.
Robert M.1989. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran.(Penerjemah:Munandir). Jakarta:Dirjen Pendidikan Tinggi.Hamalik, Oemar.1994. Kurilulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sagala, Syaiful. 2011. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Medan: Alfabetha Bandung.
Sanjaya, Wina.2007. Strategi Pembelajaran(Berorientasi Standar Proses Pendidikan).Jakarta: Kencana
Gunawan, A. (1996).Adiministrasi Sekolah;AdministrasiPendidikanMikro. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Imron, A. (2011). Manajemen Peserta DidikBerbasis Sekolah. Jakarta:Bumi Aksara.Mulyasa. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasana, Dedy. (2011). Pendidikan Bermutudan Berdaya Saing. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Amalia
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.