Implementasi Dimensi Kreatif pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan melalui Kegiatan Market Day Kelas IV di SDIT Assa’adah

Authors

  • Dewi Rusdatul Pauziah Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda
  • Hanrezi Dhania Hasnin Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14774

Keywords:

Dimensi Kreatif, Profil Pelajar Pancasila, Kewirausahaan, Market Day

Abstract

SDIT Assa’adah adalah satuan Pendidikan berbasis islam yang baru menerapkan kurikulum merdeka, pada penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) mengambil Dimensi Kreatif bertema Kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi dimensi kreatif dengan salahsatu tema kewirausahaan yang penerapannya melalui kegiatan market day di kelas IV SDIT Assa’adah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dengan observasi langsung selama kegiatan kemudian wawancara narasumber kepala sekolah, guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Market Day dapat mengembangkan kreativitas siswa dan menerapkan nilai-nilai Pancasila, seperti Kreatif, gotong royong, kemandirian dan tanggung jawab. Kegiatan ini membuat siswa belajar tentang perencanaan dan kewirausahaan dengan cara yang praktis dan interaktif. Dampak positif dari kegiatan ini meliputi peningkatan kreativitas, keterampilan dalam berwirausaha dan pemahaman lebih mengenai nilai-nilai Pancasila. Sebaliknya dampak negatif dari kegiatan ini kurang efektifitas waktu, beberapa siswa kesulitan mengelola produk dan konflik antar siswa. Temuan dari penelitian ini memberikan kontribusi terhadap model Pendidikan berbasis proyek yang mengintegrasikan dimensi kreatif dan kewirausahaan dalam kurikulum, serta memberikan panduan untuk pelaksanaan kegiatan yang lebih efektif di masa depan.

References

Aliyyah, R. R., & Innisa, L., (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA: PRAKTIK BAIK DALAM MENGELOLA MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR (Vol. 3, Issue 1).

Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Ulfah, S. W., & Ichsan, M. (2020). GURU BERPRESTASI: PENGUATAN PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 59-64.

Aliyyah, R. R., Sulistianti.,& Gani, R. A. (2024). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Persepsi Guru Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(3), 3121-3131.

Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Hijran, M., Fauzi, P., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2023). Proyek Profil Pelajar Pancasila terhadapt Karakter Pribadi Siswa di Kota Pangkalpinang. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1).

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086.

Santoso, E. B., Hamid, M. A., Warisno, A., Andari, A. A., & Sujarwo, A. (2023). Sistem Manajemen Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi Pembelajaran Di Smp Qur’an Darul Fattah Lampung Selatan. Al Wildan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 146–155.

Sarinikmah, S., Rakib, M., & Nurdin, N. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan Berbasis Market Day pada Peserta Didik Pendidikan Dasar. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 179–194.

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. Sage Publications.

Zulfikar, M., & Ana Fitrotun Nisa, dan. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Yogyakarta, 26 Agustus 2023 Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas VI SD Negeri Karangwuluh.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Pauziah, D. R., Aliyyah, R. R. ., & Hasnin, H. D. . (2024). Implementasi Dimensi Kreatif pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan melalui Kegiatan Market Day Kelas IV di SDIT Assa’adah. Karimah Tauhid, 3(8), 8260–8266. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14774
Abstract viewed = 16 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>