Analisis Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Siti Nurharirah Universitas Djuanda
  • Seli Damayanti Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14419

Keywords:

Guru, Kompetensi, Profesional, Strategi, Urgensi

Abstract

Kompetensi profesional merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional. kompetensi profesional guru yaitu suatu kemampuan guru dalam menjalankan semua tugas-tugasnya dengan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam terkait kompetensi profesional guru sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data menggunakan teknik wawancara yang kemudian hasil data dianalisis secara deduktif dan tematik menggunakan aplikasi Nvivo. Analisis menemukan lima tema utama: strategi menjadi guru profesional, kendala dalam meningkatkan kompetensi profesional guru, solusi yang dilakukan untuk menghadapi kendala yang terjadi, urgensi memiliki kompetensi profesional guru dan dampak memiliki kompetensi profesional guru. Hasil penelitian terkait subfokus tersebut yaitu yang pertama, terdapat empat strategi menjadi guru profesional yaitu meningkatkan kompetensi atau ilmu pengetahuan, mengikuti pelatihan, menunjukkan dedikasi dan memiliki sifat terbuka. Kedua, terdapat kurang lebih empat kendala yaitu kurangnya penguasaan teknologi, kurangnya sumberdaya, kurangnya motivasi  dan kurikulum yang berubah-ubah. Ketiga, solusi yang dapat dilakukan yaitu; banyak belajar, menggunakan sumber daya yang ada dan dengan mengikuti KKG. Keempat, kompetensi profesional guru sangat penting dimiliki karena dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan memotivasi siswa. Kelima, terdapat dampak fositif yang dirasakan siswa dan guru. Bagi siswa dapat meningkakan semangat belajar dan prestasi siswa sedangkan bagi guru menjadikan kepuasan kerja dan dapat menjadi peluang meningkatkan karir. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru untuk dapat terus meningkatkan kompetensi profesionalnya dengan melihat strategi yang dapat digunakan dan dampak positifnya bagi guru itu sendiri maupun siswa.

References

Alfiah, S., & Aliyyah, R. R. (2021). UJI KOMPETENSI GURU : PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI SERTIFIKASI GURU DI ACEH. Researchgate. Net.

Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. 1.

Fauzi, O. D., & Sartika, S. B. (2020). PROFIL PERAN GURU SD DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2). https://doi.org/10.23969/jp.v5i2.3312

Fauzi, O. D., & Sartika, S. B. (2022). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran dikelas v sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2492–2500.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. 4(1).

Hardiyanti, L. Y., & Aliyyah, R. R. (2021). PROFESIONALISME GURU SEBAGAI ASET PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI JAWA BARAT.

Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 167. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9452

Helmi, J. (2015). KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU. AL-ISLAH: Jurnal Pendidikan, 7(2), 318–336.

Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.37630/jpi.v9i1.169

Kurniadi, Z. A., Popoi, I., & Mahmud, M. (2020). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. JAMBURA ECONOMIC EDUCATION JOURNAL, 2(1). https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jej/index,

Mulyawan, B. (2012). Pengaruh Pengalaman dalam Pelatihan terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Media Komunikasi FPIPS, 11(1).

Prastania, M. S., & Sanoto, H. (2021). Korelasi antara Supervisi Akademik dengan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 861–868. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.834

Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30

Utami, I. H., & Hasanah, A. (2020). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI MAGUWOHARJO 1 YOGYAKARTA. Pionir: jurnal pendidikan, 8(2).

Wang, S., Laia, E. P., & Waruwu, J. H. (2023). PANGGILAN ILAHI BERDASARKAN YEREMIA 1:5 DAN DAMPAKNYA PADA PENGEMBANGAN DEDIKASI GURU DALAM MENGAJAR PESERTA DIDIK. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan, 7(1), 82–95. https://doi.org/10.51730/ed.v7i1.133

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Nurharirah, S. ., Damayanti, S., & Aliyyah, R. R. . (2024). Analisis Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Karimah Tauhid, 3(8), 9072–9087. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14419
Abstract viewed = 4 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >>