Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembalajaran dikelas IV SDN Bantarkemang 3

Main Article Content

Shidqie Kurnia Syandi
Rusi Rusmiati Aliyyah
Wilis Firmansyah

Abstract

SDN Bantarkemang 3 merupakan salah satu satuan pendidikan yang menerapkan kurikulum Merdeka ini dalam pembelajarannya, namun hanya untuk kelas I dan IV saja, dan belum menyeluruh. Fokus penelitian ini adalah melihat implementasi kurikulum Merdeka dalam kegiatan pembelajaran di Kelas SDN Bantarkemang 3. Objek yang diteliti adalah kepala sekolah dan guru wali kelas IV. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa penerapan kurikulum Merdeka ini belum terlaksana secara optimal karena SDN ini masih di kategori Mandiri Berubah. Tujuan penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan dan tinjauan ulang bagi sekolah dalam penerapan kurikulum Merdeka dikemudian harinya.

Article Details

How to Cite
Syandi, S. K. ., Aliyyah , R. R. ., & Firmansyah, W. . (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembalajaran dikelas IV SDN Bantarkemang 3. Karimah Tauhid, 3(4), 5002–5008. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.13048
Section
Articles

References

Bungin, B. (2003). Ringkasan dan Ulasan Buku Analisis Data Penelitian Kualitatif. ResearchGate, 1(70), 10. https://www.researchgate.net/publication/323691993_Ringkasan_dan_Ulasan_Buku_Analisis_Data_Penelitian_Kualitatif_Prof_Burhan_Bungin

Bungin, B., & Rofiah, C. (2021). Qualitative Methods : Simple Research With Triangulation Theory Design. Develop, 5(1), 18–28. https://doi.org/10.25139/dev.v5i1.3690

Herwanti, C. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sdn 01 kepahiang. IAIN CURUP, i–85.

Innisa, L., & Aliyyah, R. R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Praktik Baik Dalam Mengelola Minat Belajar Sisiwa Di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(1), 357–370. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/11633%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/11633/4511

Kholisoh, E., & Komarudin, R. E. (2021). Pendampingan Belajar Pengenalan Bahasa Arab Menyenangkan Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Learning Assistance Recognition Of Fun Arabic Language In Children During The Covid-19 Pandemic. 7(November), 1–11. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings

Nuriah, S. S., & Sesrita, A. (2024). ANALISIS PERMASALAHAN GURU TERKAIT ALOKASI WAKTU , MEDIA PEMBELAJARAN DAN KURIKULUM MERDEKA DALAM. Karimah Tauhid, 3, 880–890.

Putri, N. S., & Aliyyah, R. R. (2024a). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR: PERKEMBANGAN YANG SIGNIFIKAN DALAM PENDIDIKAN INDONESIA. Karimah Tauhid, 3(2), 2769–2778. http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/view/537

Putri, N. S., & Aliyyah, R. R. (2024b). Pengelolaan Minat Belajar Siswa: Studi Implementasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/11633%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/11633/4511

Sukmayanti, S., & Aliyyah, R. R. (2023). Pengelolaan Kelas Rendah pada Kurikulum Merdeka. Karimah Tauhid, 2(6), 3086–3102. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/11113

Suryantika, I., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Pembelajaran di Luar Kelas pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(6), 3103–3134.

Suwardi, A. A., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Penempatan Belajar Siswa. Karimah Tauhid, 2(6), 2948–2965.

Ulandari, S., & Dwi, D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 12–28.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>