Pengabdian kepada Masyarakat: Persepsi Mahasiswa Magang di Thailand

Main Article Content

Siti Uluwiyah
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan persepsi mahasiswa mengenai pelaksanaan program magang di Thailand. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus, yang  bertujuan agar peneliti dapat memperoleh dan mengkaji data dalam konteks tertentu. Data dari studi kasus digunakan untuk mendeskripsikan secara komprehensif sebuah studi kasus kehidupan nyata. Temuan dari penelitian ini menjelaskan tiga poin dalam persepsi mahasiswa mengenai pelaksanaan program magang di Thailand, yaitu: manfaat, hambatan, dan saran pengembangan untuk pelaksanaan program magang di Thailand. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program magang di Thailand bermanfaat bagi mahasiswa karena mereka dapat merasakan kehidupan dan budaya negara Thailand, belajar banyak hal baru, meningkatkan kemampuan mengajar, belajar lebih banyak mengenai sistem pendidikan di luar Indonesia, mengembangkan relasi, dan bahkan meningkatkan prospek kerja.

Article Details

How to Cite
Uluwiyah, S., & Aliyyah, R. R. (2024). Pengabdian kepada Masyarakat: Persepsi Mahasiswa Magang di Thailand . Karimah Tauhid, 3(2), 1968–1984. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12025
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Nurfaidah, C., Castara, T. I., & Rahayu, R. (2024). Magang Mahasiswa: Persepsi Guru Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(1), 127-143. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11598

Aliyyah, R. R., Rahmawati, Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. (2021). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663-676. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4122

Aliyyah, R. R. (2021). Profesionalisme Guru Sebagai Aset Pengembangan Mutu Pendidikan di Jawa Barat. https://www.researchgate.net/profile/Rusi-Rusmiati-Aliyyah/publication/

Assyakurrohim, D. E. (2023). Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Astuti, A. W., Sudomo, A., & Rachmawati, S. (2020). Program Magang Mahasiswa Bersertifikat Sebagai Bentuk Corporate Social Responsibility Pt Jasa Marga (Persero). Jurnal Administrasi Kantor, 8(1), 49-62. Braun, V., & Clarke, V. (2019). Refleting On Reflexive Thematic Analysis. Qualitative Research In Sport, Exercise And Health. 589-597.

Effrisanti, Y. (2015). Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Program Magang Sebagai Upaya Peningkatan Soft Skills Mahasiswa. Eksis: Jurnal Riset Ekkonomi Dan Bisnis.

Gohae, A. S. (2020). Pengalaman Magang,Minat Kerja Dan Pengaruhnya Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi).

Hidayat, P. (2017). Evaluasi Program Magang Mahasiswa Pgsd Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Pgsd Ums & Hdpgsdi Wilayah Jawa.

Kumar, R. (2011). Research Methodology A Step By Step Guide For Beginners. Sage Publishing.

Lutfia, D. D., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis Intership Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 199-204.

Mawati, A. T., Permadi, Y. A., Rasinus, R., Simarmata, J., Chamidah, D., Saputro, & Karwanto, K. (2020). Inovasi Pendidikan: Konsep, Proses Dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.

Miles, M. B., Huberman, M. A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. A Methods Sourcebook. Zeitschrift Fur Personal Forschung.

Miles, Mathew, B., Hubermen, Michael, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. Sage Publishing.

Noe, Hollenbeck, Gerhant, & Wright. (2003). Human Resource Management, International Edition. New York: The Mc Grawhill Companies.

Sari, L., & Beti. (2014). Studi Kepuasan Pengguna Magang Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Bkk Pendidikan Administrasi Perkantoran. Jurnal Fkip Uns.

Sonhaji, A. (2012). Manusia, Teknologi, Dan Pendidikan. Menuju Peradaban Baru. Malang: Universitas Negeri Malang (Um Press).

Sudrajat, K. S., & Fathoni, A. (2017). Analisis Persepsi Mahasiswa Pgsd Ums Angkatan 2013 Mengenai Pelaksanaan Program Magang Fkip Ums (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Suwarno, & Ariyanto, W. D. (2014 ). Persepsi Mahasiswa Semester Vii Pgsd Tentang Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (Ppl) Oleh Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Ums Tahun Akademik 2013/2014. Profesi Pendidikan Dasar, 182-192.

Wasih, W., & Tama, M. M. (2023). Manfaat Mahasiswa Magang Dalam Program Mbkm kerja sama antar universitas bina darma Palembang dengan Pemkab Banyuasin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (Jpkmn), 536-547.

Yin, R. K. (2011). Qualitative Research From Start To Finish. The Guilford Press.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>