Implementasi Program Keluarga Harapan di Desa Cileungsi

Authors

  • Iwan Setiawan Universitas Djuanda
  • Muhaemin Hatriadi Universitas Djuanda
  • Fadlam Alfi Syahrin Universitas Djuanda
  • Siti Murti Dewi Universitas Djuanda
  • Denny Hernawan Universitas Djuanda
  • Faisal Tri Ramdani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14288

Keywords:

Implementasi, Program, PKH

Abstract

Program Keluarga Harapan adalah salah salah satu program yang memiliki tujuan untuk memberikan bantuan bagi masyarakat tidak mampu. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengevaluasi implementasi PKH di Desa Cileungsi dengan menggunakan teori Edward III, yang mengkaji aspek komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang dilakukan dengan cara wawancara dengan 5 informan dari kalangan penerima manfaat dan pendamping program. Hasil penelitian menyatakan kegiatan implementasi PKH di Desa Cileungsi dinilai sudah berjalanbaik berdasarkan tanggapan positif dari informan. Ini mencakup respons yang baik dari informan utama dan kunci, menunjukkan kesesuaian program dengan peraturan yang berlaku. Temuan ini diharapkan dapat memberikan masukan berharga bagi penyelenggara PKH di tingkat daerah, serta mendukung upaya memperbaiki diri untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat penerima manfaat terhadap program ini.

References

Sasmito, C., & Nawangsari, E. R. (2019). Implementasi Program Keluarga Harapan Dalam Upaya Mengentaskan Kemiskinan Di Kota Batu. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 3(2), 68-74.

Kholif, K. I. (2014). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Menanggulangi Kemiskinan di Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Mandolang, Y., LENGKONG, F. D., & Dengo, S. (2019). Implementasi Program Keluarga Harapan Di Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Administrasi Publik, 5(79).

Suwinta, A. E. (2015). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Di Desa Maron Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Publika, 3(8).

Daud, M., & Marini, Y. (2018). Implementasi program keluarga harapan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 2(1), 29-38.

Tlonaen, Y. B., Hardiyanto, W. T., & Diahloka, C. (2015). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 3(1).

Sofianto, A. (2020). Implementasi program keluarga harapan (PKH) di Provinsi Jawa Tengah. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 10(1), 14-31.

LONDAH, A., TAMPI, G. B., & LONDA, V. (2018). Implementasi Program Keluarga Harapan di Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Administrasi Publik, 4(53).

Utomo, D. (2014). Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Rumah Tangga Miskin (Studi Pada Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Virgoreta, D. A. (2015). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Pada Desa Beji Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Downloads

Published

2024-07-23

How to Cite

Setiawan, I., Hatriadi, M. ., Syahrin, F. A., Dewi, S. M., Hernawan, D. ., & Ramdani, F. T. (2024). Implementasi Program Keluarga Harapan di Desa Cileungsi . Karimah Tauhid, 3(7), 7932–7937. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14288
Abstract viewed = 44 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>