Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Siswa di SDN Bantarkemang 3 Bogor

Authors

  • Siti Jenab Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda
  • Wilis Firmasyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14281

Keywords:

Karakter, Penguatan Pendidikan karakter, Nilai-Nilai PPK

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi program kegiatan pembiasaan siswa SDN Bantarkemang 3 dalam rangka peningkatan pendidikan karakter, khususnya bagi kelas rendah. Setiap siswa hendaknya mengembangkan karakter bawaan yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai hasil dari pembiasaan yang diajarkan. Metode studi kasus kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, metode wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SD Bantarkemang 3 memiliki program kegiatan pembiasaan karakter harian, mingguan, dan tahunan yang memperkuat nilai-nilai. Program ini bersifat terjadwal dan bersyarat, dan tujuannya adalah untuk membantu siswa mengembangkan sikap dan perilaku yang bermoral. Nilai penguatan Pendidikan karakter yang diterapkan ialah nilai religius, nilai nasionalis, dan nilai gotong royong. Ketiga nilai ini diterapkan melalui pembiasaan yang baik yang terjadwal atupun kondisional.

References

Ainissyifa, H. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. www.journal.uniga.ac.id

Aliyyah, R. R., & Abdurakhman, D. O. (2016). Pengelolaan Kelas Rendah di SD Amaliah Ciawi Bogor Management Of Lower Gade At Amaliah Elementary School Ciawi Bogor. In Jurnal Sosial Humaniora (Vol. 7, Issue 2).

Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Ulfah, S. W., & Ichsan, M. (2020). Guru Berprestasi: Penguatan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 Outstanding Teacher: Strengthening Education In The Era Of Industrial Revolution 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 11.

Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243

Arifianto, S. (2016). Implementasi Metode Penelitian Studi Kasus . Aswaja Pressindo.

Kemendikbud. (2018). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (M. Efendy, Ed.). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications.

Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatf (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Omeri, N., Negeri, S., & Makmur, A. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.

Samrin. (2016). Pendidikan Karakter Pendekatan Nilai. Al-Ta’dib, Vol.9 No 1.

Satria, N., Pusat, P. , Kebijakan, P., Dan, P., & Jakarta, K. (2018). Implementasi Pranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE

Prihatini, N., Aliyyah, R. R., & Ichsan, M. (2024). Guru Sebagai Teladan: Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik (Vol. 3, Issue 1).

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Jenab, S. ., Aliyyah, R. R. ., & Firmasyah, W. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Siswa di SDN Bantarkemang 3 Bogor. Karimah Tauhid, 3(7), 7257–7265. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14281

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>