Penerapan Metode Community Language Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa

Authors

  • Laila Ashila Universitas Djuanda
  • Mega Febriani Sya Universitas Djuanda
  • Wafa Khilda Dalilah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14172

Keywords:

Metode, Community Language Learning, Bahasa Inggris

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa komunikasi internasional yang digunakan dalam ilmu pengetahuan, teknologi modern, perdagangan, politik, dan berbagai bidang lainnya. Untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan, diperlukan suatu metode pembelajaran yang selaras dengan pendekatan fungsional. Metode Communicative Language Teaching (CLT) adalah pendekatan pembelajaran bahasa yang menekankan pada aspek komunikasi, yang dapat mempererat hubungan sosial dan meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis studi kasus dan studi literatur. Tujuannya untuk menghasilkan data serta memberikan gambaran secara garis besar mengenai penerapan metode community language Teaching (CLT) untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa. Metode ini fokus pada penggunaan bahasa dalam konteks nyata, metode ini mendorong siswa untuk berinteraksi dan berkomunikasi secara langsung, sehingga mereka tidak hanya belajar tata bahasa dan kosakata, tetapi juga bagaimana menggunakan bahasa tersebut dalam situasi sehari-hari. CTL membantu mereka memahami struktur bahasa Inggris dengan lebih baik dan mempraktikkan penggunaan tata bahasa yang benar. Metode ini membantu mereka mengembangkan keterampilan lain seperti pemecahan masalah, kerja tim, dan presentasi.

References

Ardin, H., Abdin, N., Setianingrum, A., & Al Azhar, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Speech Dalam Bahasa Inggris Dengan Metode Communicative Language Teaching Increasing Speech Ability In English With Communicative Language Teaching Method. https://pr, 1864–1872.

Budiarso, I., Informatika, P. S., & Bisnis, B. (2019). Analisis Metode Communicative Language Teaching Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Guru-Guru Smk Dan Smp Islam Mandiri Bojong Gede. 3(3).

chinchilla. (2014). Efektivitas Metode Communicative Language Teaching (Clt) Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Berbahasa Inggris Peserta Kursus Di Pqec Institute. 1–23.

Hanum, S., & Rahmawati, R. (2020). Implementasi Pendekatan Fungsional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Community Language Learning. (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 9(2), 327. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v17i1.813

Idham, S. (2006). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. Kutubkhanah, 127–145.

Maulana, C. (2019). Use of Communicative Language Teaching Method for Students At Stmik Royal in Kisaran. Journal of Science and Social Research, 4307(2), 53–61. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

Nita, S. A., & Syafei, A. F. R. (2012). Involving Audio-lingual method (ALM) in teaching speaking skill at Junior High School. Journal of English Language Teaching, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jelt.v1i1.368

Nurhasanah, S. (2015). The Use of Community Language Learning (CLL) Method to Increase the Students’ Participation in Classroom Conversation. Register Journal, 8(1), 81. https://doi.org/10.18326/rgt.v8i1.81-98

Pamuji, A., Wahyudi, A., Martuti, R., Bina, S., & Palembang, H. (2024). Pelatihan Communicative Language Teaching (Clt) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Berbahasa Inggris Mahasiswa Kebidanan Stik Bina Husada. CARE: Journal Pengabdian Multi Disiplin, 2(1), 23–31. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/care.v2i1.24932

Puspita Dewi, Kuntary Ibrahim, I. D., Hastuti, H., Pratama, Y. J., & Anggriani, R. (2019). Training Leadership dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode Communicative Language Teaching di Desa Wisata Adat Sengkoah. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 155–163. https://doi.org/10.36765/jpmb.v2i2.10

Qoriah, D., & Farisya, G. (2022). Communicative Language Teaching (Clt) Method Combined with Total Physical Response (Tpr) Method on Upgrading Communication Skill on English Laboratory. Journal Civics and Social Studies, 6(2), 120–129. https://doi.org/10.31980/civicos.v6i2.2319

Rahmatillah, K. (2021). Learning English Through Communicative Language Teaching (CLT) Approach. JCES (Journal of Character Education Society), 4(2), 1–10. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/2865

Rezeki, S. (2022). Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Melalui Pendekatan Communicative Language Teaching (Clt) Terhadap Siswa Sekolah Dasar Sd Gmim 07 Bukit Moria Malalayang Di Era Covid-19. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jefs/issue/view/3196.

Saputra, H. (2015). Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Hukum Melalui Metode Communicative Teaching. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(April). https://doi.org/https://doi.org/10.46799/jsa.v3i3.413

Sarwendo, D. S. B., Dartani, M. Y. R., & Muflikah, B. (2021). Penggunaan Metode Communicative Language Teaching Pada Pelatihan Keterampilan Berbicara Guru Sma Sint Louis Semarang. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(1), 50–60. https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i1.193

Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi, 2(2), 97–106. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/dt.v2i2.307

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Yulianti, Y. (2018). Penerapan Metode Communicative Language Teaching Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Siswa Sekolah Dasar. 2015.

Yunitasari, D., Bria Seran, Y., Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2022). Pembelajaran Komunikatif Keterampilan Menyimak Sekolah Dasar Dengan Model Menerima, Menghadiri Dan Menandai Makna (RAAM). 6(02), 485–494. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.7604

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Ashila, L., Sya, M. F. ., & Dalilah, W. K. (2024). Penerapan Metode Community Language Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa. Karimah Tauhid, 3(7), 8090–8099. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14172

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>