Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animaker pada Pendidikan Pancasila Pembahasan Keberagamaan Indonesia Kelas III di Sekolah Islam Ibnu Hajar

Authors

  • Sakinah Natunnada Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda
  • Wilis Firmansyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14137

Keywords:

Video Animasi, Animaker, Media Pembelajaran, Hasil belajar

Abstract

Media yang baik harus efektif dan efisien, yang berarti bahwa media dapat mentransfer informasi dengan cepat sehingga pemahaman siswa meningkat dan efisien. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran kurang variatif dan masih belum sesuai dengan materi yang disampaikan. Dengan menggunakan aplikasi Animaker untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang apa yang mereka pelajari dan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik, tujuan penelitian ini adalah untuk membuat produk berupa video animasi. Untuk melakukan penelitian dan pengembangan (R&D), peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap utama: (A)nalisys, (D)esain, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation.

Analisis masalah dasar dalam proses pembelajaran dilakukan pada tahap awal, atau analisis kebutuhan. Selanjutnya, tahap desain, di mana media pembelajaran video animasi dirancang menggunakan storyboards, dan tahap pengembangan, di mana media dibuat dan divalidasi oleh ahli materi dan media.

Hasil validasi menunjukkan bahwa dari segi materi, valid layak digunakan dengan revisi dan memperoleh nilai rata-rata 84,6 persen; dari segi media, valid layak digunakan dengan revisi dan memperoleh nilai rata-rata 83,8 persen. Selanjutnya, uji coba terbatas (implementasi) dilakukan, di mana 12 peserta didik memberikan respons yang sangat baik terhadap media pembelajaran video animasi yang dibuat oleh animaker dengan memperoleh hasil respon siswa 80, 1%, dan  yang akan terjadi penilaian pada respon peserta didik diperoleh nilai rata-homogen 87, 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis animaker untuk mengajarkan pembahasan keberagamaan pancasila di Indonesia valid, layak, dan mudah digunakan.

References

Aliyyah, R. R., Amini, A., Sulbasman, I., Helrawati, EL. S. B., & Felbiantina, S. (2021). ULpaya Melningkatkan Hasil Bellajar Ipa Mellaluli Pelnggulnaan Meldia Videlo Pelmbellajaran. Julrnal Sosial Hulmaniora, 12(1), 52–70. https://ojs.ulnida.ac.id/JSH/articlel/vielw/4034%0A%0Ahttps://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.4034

Aliyyah, R. R., Saraswati, S., ULlfah, S. W., & Ikhwan, S. (2021). ULpaya Melningkatkan Hasil Bellajar IPA Pada Matelri Sifat-Sifat Cahaya Melnggulnakan Meldia Videlo Pelmbellajaran. Aksara: Julrnal Ilmul Pelndidikan Nonformal, 7(2), 317. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.317-326.2021

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi bellajar selbagai deltelrminan hasil bellajar siswa. Julrnal Pelndidikan Manajelmeln Pelrkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Mulhali, M. (2019). Pelmbellajaran Inovatif Abad Kel-21. Julrnal Pelnellitian Dan Pelngkajian Ilmul Pelndidikan: EL-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/el-saintika.v3i2.126

Nulrrita, T. (2018). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran ULntulk Melningkatkan Hasil Bellajar Siswa. MISYKAT: Julrnal Ilmul-Ilmul Al-Qulran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pelnndidikan, P. W. M. P. dan K. R. . B. (2014). Konselp dan Implelmelntasi Kulrikullulm 2013. Kelmelntrian Pelndidikan Dan Kelbuldayaan, 1–162.

Sahara, A., Alimulda, S., Reltnadi, W., Hayul, R., & Firmansyah, W. (2023). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Sainskul Belrbasis Aplikasi Android Dalam Implelmelntasi Kulrikullulm Melrdelka. Karimah Taulhid, 2(5), 1–17.

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keltelrlambatan Pada Proyelk Pelmbangulnan Geldulng Asrama Man 1 Tullelhul Malulkul Telngah. Julrnal Simeltrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Simatulpang, EL., & Yulhelrtiana, I. (2021). Melrdelka Bellajar Kampuls Melrdelka telrhadap Pelrulbahan Paradigma Pelmbellajaran pada Pelndidikan Tinggi: Selbulah Tinjaulan Litelratulr. Julrnal Bisnis, Manajelmeln, Dan ELkonomi, 2(2), 30–38. https://doi.org/10.47747/jbmel.v2i2.230

sulgiono. (2021). No TitlelMeltodel pelnellitian kulantitatif kulalitatif dan R dan D.

Sulmarni, Astulti, I., & Melring, A. (2021). Pelngelmbangan Videlo Animasi ulntulk Pelmbellajaran Pelndidikan Pancasila dan Kelwarganelgaraan. Julrnal Pelndidikan Dan Pelmbellajaran Khatullistiwa, 10(2), 1–13.

Zaman, B., Pd, M., & ELliyawati, H. C. (2010). Meldia Pelmbellajaran Anak ULsia Dini. Meldia Pelmbellajaran Anak ULsia Dini, 6(1), 34. http://filel.ulpi.eldul/Direlktori/FIP/JULR._PGTK/197010221998022-CULCUL_ELLIYAWATI/MELDIA_PELMBELLAJARAN_ANAK_ULSIA_DINI-PPG_ULPI.pdf

Aliyyah, R. R., Amini, A., Sulbasman, I., Helrawati, EL. S. B., & Felbiantina, S. (2021). ULpaya Melningkatkan Hasil Bellajar Ipa Mellaluli Pelnggulnaan Meldia Videlo Pelmbellajaran. Julrnal Sosial Hulmaniora, 12(1), 52–70. https://ojs.ulnida.ac.id/JSH/articlel/vielw/4034%0A%0Ahttps://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.4034

Aliyyah, R. R., Saraswati, S., ULlfah, S. W., & Ikhwan, S. (2021). ULpaya Melningkatkan Hasil Bellajar IPA Pada Matelri Sifat-Sifat Cahaya Melnggulnakan Meldia Videlo Pelmbellajaran. Aksara: Julrnal Ilmul Pelndidikan Nonformal, 7(2), 317. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.317-326.2021

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi bellajar selbagai deltelrminan hasil bellajar siswa. Julrnal Pelndidikan Manajelmeln Pelrkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Mulhali, M. (2019). Pelmbellajaran Inovatif Abad Kel-21. Julrnal Pelnellitian Dan Pelngkajian Ilmul Pelndidikan: EL-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/el-saintika.v3i2.126

Nulrrita, T. (2018). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran ULntulk Melningkatkan Hasil Bellajar Siswa. MISYKAT: Julrnal Ilmul-Ilmul Al-Qulran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pelnndidikan, P. W. M. P. dan K. R. . B. (2014). Konselp dan Implelmelntasi Kulrikullulm 2013. Kelmelntrian Pelndidikan Dan Kelbuldayaan, 1–162.

Sahara, A., Alimulda, S., Reltnadi, W., Hayul, R., & Firmansyah, W. (2023). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Sainskul Belrbasis Aplikasi Android Dalam Implelmelntasi Kulrikullulm Melrdelka. Karimah Taulhid, 2(5), 1–17.

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keltelrlambatan Pada Proyelk Pelmbangulnan Geldulng Asrama Man 1 Tullelhul Malulkul Telngah. Julrnal Simeltrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Simatulpang, EL., & Yulhelrtiana, I. (2021). Melrdelka Bellajar Kampuls Melrdelka telrhadap Pelrulbahan Paradigma Pelmbellajaran pada Pelndidikan Tinggi: Selbulah Tinjaulan Litelratulr. Julrnal Bisnis, Manajelmeln, Dan ELkonomi, 2(2), 30–38. https://doi.org/10.47747/jbmel.v2i2.230

sulgiono. (2021). No TitlelMeltodel pelnellitian kulantitatif kulalitatif dan R dan D.

Sulmarni, Astulti, I., & Melring, A. (2021). Pelngelmbangan Videlo Animasi ulntulk Pelmbellajaran Pelndidikan Pancasila dan Kelwarganelgaraan. Julrnal Pelndidikan Dan Pelmbellajaran Khatullistiwa, 10(2), 1–13.

Zaman, B., Pd, M., & ELliyawati, H. C. (2010). Meldia Pelmbellajaran Anak ULsia Dini. Meldia Pelmbellajaran Anak ULsia Dini, 6(1), 34. http://filel.ulpi.eldul/Direlktori/FIP/JULR._PGTK/197010221998022-CULCUL_ELLIYAWATI/MELDIA_PELMBELLAJARAN_ANAK_ULSIA_DINI-PPG_ULPI.pdf

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Natunnada, S. ., Aliyyah, R. R. ., & Firmansyah, W. . (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animaker pada Pendidikan Pancasila Pembahasan Keberagamaan Indonesia Kelas III di Sekolah Islam Ibnu Hajar. Karimah Tauhid, 3(7), 7735–7748. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14137
Abstract viewed = 8 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>