Kemampuan Negosiasi Pengemudi dan Pelanggan Jasa Angkutan Barang Berbasis Online

Authors

  • M Alif Rizky Ramadhani Universitas Djuanda
  • Ali Alamsyah Kusumadinata Universitas Djuanda
  • Agustina M Purnomo Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13649

Keywords:

Jasa, Komunikasi, Negosiasi, Transportasi

Abstract

Komunikasi interpersonal yang baik memungkinkan pengemudi untuk membangun hubungan yang positif dengan pelanggan sehingga memungkinkan pengemudi untuk bernegoisasi secara efektif untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan negosiasi pengemudi dan pelanggan jasa angkutan barang berbasis online melalui komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, di mana data yang terkumpul terdiri dari narasi, gambar, dan lainnya. Teknik pengambilan data dengan membangun konstruksi observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Subjek penelitian meliputi pengemudi dan pelanggan layanan angkutan barang berbasis online. Proses analisis data melibatkan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Temuan dari riset ini pengemudi jasa angkutan barang berbasis online mampu memperlakukan situasi yang terjadi sebagai sebuah masalah yang perlu dipecahkan, tanpa membiarkan emosi pribadi mengganggu proses negosiasi dengan pelanggan. Kesimpulan bahwa kemampuan ini penting untuk hubungan yang baik, kelancaran operasional, dan kepuasan pelanggan. Dengan komunikasi interpersonal yang baik, pengemudi dan pelanggan dapat mencapai kesepakatan saling menguntungkan melalui proses negosiasi.

Kata Kunci: Jasa, Komunikasi, Negosiasi, Pelanggan

References

Afrilia, A. M., & Arifina, A. S. (2020). Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. Magelang: Penerbit Pustaka Rumah Cinta.

Barnes, B. R., Leonidou, L. C., Siu, N. Y., & Leonidou, C. N. (2015). Interpersonal Factors As Drivers Of Quality And Performance In Western–Hong Kong Interorganizational Business Relationships. . Journal Of International Marketing, 23(1),, 23-49.

Bimantoro, G. B., & Radyta, A. B. (2019). Analisis Strategi Personal Selling Marketing Communication Di Pt. Infoglobal (Contoh Kasus Produk Aplikasi Pertahanan Markas Besar Tni Angkatan Udara Di Jakarta). Jurnal Manajemen Bisnis, 22(1),, 43-63.

Databoks. (Den 8 Desember 2022). Gojek Dominasi Pasar Logistik Online Di Indonesia. Hämtat Från Katadata.Co.Id: Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/12/08/Gojek-Dominasi-Pasar-Logistik-Online-Di-Indonesia

Fauziah, R., & Kusumadinata, A. A. (2018). Efektifitas Promosi Destinasi Wisata Rekreasi Gunung Pancar Melalui Postingan Instagram Media Sosial. Jurnal Komunikatio, 27-32.

Kusumadinata, A. A. (2016). Penggunaan Internet Di Kalangan Petani Sayur Dalam Memperoleh Informasi Pertanian Di Kabupaten Cianjur . Indonesian Journal Of Agricultural Economics, 13-24.

Manzilati, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, Dan Aplikasi. Malang: Ub Press.

Ni'matuzahroh, & Prasetyaningrum, S. (2018). Observasi: Teori Dan Aplikasi Dalam Psikolog. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Ramadhani, M. A. R. ., Kusumadinata, A. A., & Purnomo, A. M. . (2024). Kemampuan Negosiasi Pengemudi dan Pelanggan Jasa Angkutan Barang Berbasis Online . Karimah Tauhid, 3(6), 6655–6664. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13649
Abstract viewed = 6 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>