Karakteristik Siswa ADHD (Attention Deficit Hiperactivity Disorder) di SD Negeri Pasawahan

Authors

  • Ripna Nada Saprila Universitas Djuanda
  • Ali Alamsyah Kusumadinata Universitas Djuanda
  • Maria Fitriah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13615

Keywords:

ADHD, Belajar, Karakteristik

Abstract

Siswa ADHD adalah siswa yang berkebutuhan khusus yang memiliki minat yang berbeda dengan siswa yang normal. Pendekatan jauh lebih inklusif dalam mendidiknya. Penelitian ini ingin melihat karakteristik siswa ADHD. Metode penelitian ini dengan memberikan pertanyaan kepada guru dan orang tua dalam mendidik tumbuh kembang anak ADHD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesabaran dalam mendidik dan dukungan lingkungan serta pendekatan yang penuh kasih sayang mampu memberikan anak kenyamanan dalam belajar dan menunjang harapan masa depan mereka. Komunikasi dua arah membantu interaksi antara guru dan siswa ADHD saling berperan atau sama-sama aktif sebagai pengirim dan penerima pesan karena adanya hubungan timbal balik, demikian di dalam lingkungan keluarga.

 

References

Ashari, H. 2. (2024). Profesi Kependidikan Membangun Arir Sukses Di Dunia Pendidikan. . Yogyakarta: Rizmedia.

Dapa, A., & Tuerah, R. (2021). Manajemen Sekolah Inklusi. Yogyakarta: Deepublish. .

Fatmawati, N., Sofia, A., Drupadi, R., Nawangsasi, D., Irzalinda, V., & Sugiana, S. (2019). Pelatihan Menyusun Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Lampung: In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Forkom Pgpaud 2019 (Pp. 8-14). Lppm Unila.

Hidayati, R. (2014). Peran Konselor Sekolah Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pada Siswa Hiperaktif (Adhd). . Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1)., 1.

Indana, N. (2017). Implementasi Total Quality Management (Tqm) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan:(Studi Kasus Di Mts Salafiyah Syafi'iyah Tebuireng). Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 1.1 , 62-86.

Nadhirah, Y. F. (2017). Perilaku Agresi Pada Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2.02, 141-154.

Ningsih, E. R. (2014). Mainstreaming Isu Disabilitas Di Masyarakat Dalam Kegiatan Penelitian Maupun Pengabdian Masyarakat Di Stain Kudus. . Jurnal Penelitian, 8(1), , 71-92.

Saihu, S. (2019). Komunikasi Pendidik Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Khusus Asy-Syifa Larangan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 1.3 , 418-440.

Santoso, A., Hermawati, T., & Nur, S. W. (2020). Problematika Manajemen Pendidikan Islam (Telaah Input, Proses, Dan Output Dalam Pendidikan Islam). At Turots: Jurnal Pendidikan Islam 2.2, 148-155.

Tarmizi, A. (2020). Strategi Showdown Teacher Dalam Membimbing Siswa Hiperaktif Pada Sekolah Inklusi Di Sdn Sumbersari 2 Kota Malang. Skripsi. . Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibjrahim Malang.

Wakhaj, N. I., & Rofiah, N. H. (2018). Perilaku Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Adhd) Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Peserta Didik) Di Kelas Iv Sd Negeri Gejayan. Fundadikdas Vol. 1 No. 1, 64-73.

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Saprila, R. N. ., Kusumadinata, A. A., & Fitriah, M. . (2024). Karakteristik Siswa ADHD (Attention Deficit Hiperactivity Disorder) di SD Negeri Pasawahan . Karimah Tauhid, 3(6), 6532–6539. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13615

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>