Implementasi Grammar Translation Method dan Audio-Lingual Method dalam meningkatkan kemampuan Bahasa inggris di Sekolah Dasar

Authors

  • Arina Putri Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13238

Keywords:

Audio-lingual method, Grammar Ttranslation method, Implementasi

Abstract

Di era globalisasi ini terdapat satu hal yang menjadi prioritas untuk dikembangkan dan dianggap penting yaitu pembelajaran Bahasa inggris di sekolah. Karena banyak peluang baik yang terbuka di berbagai bidang dengan menguasai Bahasa inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa pertama yang diwajibkan diajarkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), sementara di sekolah internasional, bahasa ini digunakan secara luas di berbagai ranah kehidupan global dan berperan sebagai alat untuk menyebarkan pengetahuan secara global. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam pada bagian hasil dan pembahasan, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi presentasi di kelas dan studi literatur. Metode observasi di kelas yaitu penulis mengambil inti dari materi yang disampaikan di kelas, meninjau kembali materi power point yang telah di buat oleh kelompok, serta membuat resume dari materi yang berkaitan, sedangkan metode studi literatur yaitu metode dengan mencari referensi dari artikel dan jurnal yang berkaitan dan mendukung penelitian yang penulis kerjakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi dari grammar translation method dan audio-lingual methode dalam pembelajaran dan keterampilan apa saja yang bisa ditingkatkan dengan menggunakan grammar translation method dan audio-lingual method dalam pembelajaran Bahasa inggris khususnya di sekolah dasar. GTM merupakan salah satu metode pembelajaran bahasa yang pendekatannya melalui bahasa pertama. Keterampilan yang di fokuskan yaitu pada membaca dan menulis. Pada saat yang sama, hanya ada sedikit fungsi mendengarkan dan berbicara. Keterampilan Bahasa inggris yang bisa ditingkatkan dari metode grammar translation methode yaitu writing skill siswa baik dalam content, vocabulary, dan grammar. Metode audio-lingual adalah pendekatan yang berbasis pada struktur dalam pengajaran bahasa. Dengan kata lain, pendekatan ini memusatkan perhatian pada analisis dan penjelasan sistem bahasa yang dipelajari, dimulai dari sistem bunyi (fonologi), pembentukan kata (morfologi), hingga pembentukan kalimat (sintaksis). Salah satu aspek keterampilan berbahasa Inggris yang dapat ditingkatkan melalui metode ini adalah keterampilan mendengarkan, karena metode ini menekankan latihan dan praktek yang berulang dalam aspek tersebut. Metode audio-lingual memberikan penekanan pada pengulangan untuk memperkuat pemahaman.

References

Aflah, N. (2022). Pengaruh Metode Audio-Lingual terhadap Kemampuan Pronunciation dalam Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Bodon Yogyakarta. UIN Sunan Kaljaga.

Ajiza, M., & Rahman, A. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 215–220. http://ojs.stiami.ac.id

Amaniarsih, D. S., & Nafisah, N. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Grammar Translation Method Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas V Smp Yabes Medan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1).

Amelia, D., & Dwi Basuki, D. (2022). Efektifitas Metode Audio-Lingual Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Teks Dialog Pada Siswa Kelas 3 SD di Kota Karawang. Jurnal Ilmiah Indonesia, 10(7). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i10.13062

Az-Zahrah, R. T. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Audio-Lingual terhadap Kemampuan Menyimak pada Siswa. Journal of Learning and Instructional Studies, 3(2). https://doi.org/10.46637/jlis.v3i2.43

Dalilah, W. K., & Sya, M. F. (2022). Problematika Berbicara Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar. In Karimah Tauhid (Vol. 1).

Elipudin, M., Harunasari, S. Y., & Kusumajati, W. K. (2019). Meningkatkan Kemempuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Audio Lingual. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Kurnia Ambarwati, N., Wiryasaputra, R., & Puspasari, S. (2016). Pembangunan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Grammar Translation Method Berbasis Android. Ultimatics: Jurnal Teknik Informatika, 3(2).

Laili Indasari, N., & Amaliati, S. (2023). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Acitya Bhakti, 3(2). www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/ACB/index

Larsen-Freeman, D., & Anderson, M. (2011). Techniques & Principles in Language Teaching.

Meylina, M., & Christy Jufri, A. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar melalui Audio- Lingual Method. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i1.366

Muliadi, M. (2022). Penerapan Grammar Translation Method (Gtm) Dalam Meningkatkan Writing Skill (Ws) Dan Self-Development (Sd) Siswa Madrasah Aliyah (Ma) Nw Mengkuru.

Ratna Wati, N. L. M., Ganing, N. N., Rinda Suardika, W., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (n.d.). Pengaruh Metode Audio-Lingual Berbantuan Media Audio Terhadap Keterampilan Mendengarkan Siswa Kelas V Pelajaran Bahasa Indonesia Sd Negeri 29 Pemecutan.

Septiara, A., Zahra, A., & Sya, M. F. (2022). Permasalah dan Solusi Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah (sd). In Karimah Tauhid (Vol. 1).

Tyara Murti, P. (2018). Penerapan Program Literasi Berbasis Grammar Translation Method (GTM). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yani, D. (2016). Metode Audio Audio-Lingual Method In Teaching Kaiwa. Lingua Didaktika. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/linguadidaktika/index

Yuwono, B., & Triono, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas Vi Sd Materi Simple Future Tense Melalui Metode Grammar Translation Method. Jurnal Citra Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.38048/jcp.v4i1.2973

Downloads

Published

2024-05-14

How to Cite

Putri, A. (2024). Implementasi Grammar Translation Method dan Audio-Lingual Method dalam meningkatkan kemampuan Bahasa inggris di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(5), 5893–5905. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13238
Abstract viewed = 15 times

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.