Penggunaan Film Kartun Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris

Main Article Content

Shakilla Azzahra

Abstract

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran penting yang ada di sekolah. Namun yang menjadi hambatan dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah rendahnya minat anak untuk belajar Bahasa Inggris karena tidak memahami arti dan maknanya. Sehingga dalam hal ini guru dituntut untuk menjadi kreatif dan inovatif agar pelajaran Bahasa Inggris menjadi lebih menarik untuk dipelajari oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peserta didik menjadi lebih semangat saat belajar Bahasa Inggris jika diselingi dengan menonton kartun berbahasa Inggris dan untuk mengetahui peranan guru dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media video film kartun berbahasa inggris. Dengan memanfaatkan internet, seorang guru dapat mengakses aplikasi YouTube untuk menemukan banyak kartun berbahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur. Studi literatur adalah suatu rangkaian kegiatan membaca dan mencatat dari berbagai sumber lalu diolah untuk dapat disimpulkan menjadi sebuah hasil dan pembahasan. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dengan mencari referensi dari buku, jurnal, dan artikel ilmiah. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu dengan menyajikan data, mereduksi data, dan menyimpulkan data. Berdasarkan hasil yang didapat dari pengolahan data, penggunaan media kartun berbahasa Inggris dapat meningkatkan minat dan semangat anak untuk belajar Bahasa Inggris.

Article Details

How to Cite
Azzahra, S. (2023). Penggunaan Film Kartun Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 2(2), 467–472. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.7808
Section
Articles

References

Abdullah, Ramli. 2012. PEMBELAJARAN BERBASIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR.

Anon. n.d. PANDUAN PENYUSUNAN STUDI LITERATUR.

Antar, Pengetahuan, and Pustakawan Supriyadi. 2016. “COMMUNITY OF PRACTITIONERS : SOLUSI ALTERNATIF BERBAGI.” Lentera Pustaka 2(2):83–93.

Bowo Saputro, Galih, Kasmi Prodi Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung Jl Wisma Rini No, and pringsewu Lampung. n.d. APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEB MOBILE PADA PERCETAKAN BIRU LANGIT.

Crystal. 2000. MENGUASAI BAHASA INGGRIS: BEKAL POTENSIAL DALAM PENGEMBANGAN WIRAUSAHA.

Haryono. 2015. PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Vol. 3.

Hermawan. 2013. “Hubungan Internet Di Seluruh Dunia.”

Keguruan Dan, Fakultas. n.d. PENGEMBANGAN MEDIA KARTUN ANIMASI PADA PEMBELAJARAN EKONOMI PEMBANGUNAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI.

Maharani, Maghfira, Nanang Supriadi, and Rany Widyastuti. 2018. “Desimal: Jurnal Matematika Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa.” 1(1):101–6.

Nurani, Alfi Fatwa, Mega Febriani Sya, and Resti Yektyastuti. n.d. Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Picture Series EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PICTURE SERIES DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA THE EFFECTIVENESS OF USING PICTURE SERIES IN IMPROVING STUDENTS’ ENGLISH VOCABULARY.

Pembelajaran, Inovasi, Sebagai Strategi, Peningkatan Kualitas, Guru di Sdn, Setu Kulon, Intan Indria Hapsari, and Mamah Fatimah. 2021. Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0.

Rasyid Karo-Karo, Isran S., Dosen Tetap Jurusan Pendidikan Matematika FITK UIN-SU Medan, Dosen Tetap Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK UIN-SU Medan, and Jl v Williem Iskandar Pasar Medan Estate. n.d. MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN Oleh.

Sanjaya. 2013. Creative Digital Marketing.

Sax. 1980. Evaluasi Pembelajaran.

Sudjana. 2001. PENGEMBANGAN MEDIA KARTUN ANIMASI PADA PEMBELAJARAN EKONOMI PEMBANGUNAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI.

Sya, Mega Febriani, and Fachri Helmanto. 2020. “Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia.” DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(1):71. doi: 10.30997/dt.v7i1.2348.

Usman. 2011. “Peran Seorang Guru Terhadap Siswa.”