Implementasi Program Kampus mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di Kabupaten Bogor

Main Article Content

Siti Safutri
Gotfridus Goris Seran
Afmi Aprilliani

Abstract

Indonesia masih berada di peringkat ke-62 dari 70 negara berdasarkan penelitian pada tahun 2019 mengenai literasi dan numerasi yang diterbitkan oleh Program for International Student Assessment (PISA) serta Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) pada tahun 2019. Maka dari itu, Kemendikbud membuat terobosan baru yakni  program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dengan program flagship yakni program Kampus mengajar. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana implementasi program Kampus mengajar angkatan 5 dalam meningkatkan literasi dan numerasi di Kabupaten Bogor.  Metode pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Metode pada analisis data menggunakan Weight Mean Score (WMS). skala pengukuran menggunakan skala litert dengan teknik penarikan sampel menggunakan sistematik sampling dengan total sampel sebanyak 60 responden dari total 147 populasi. Pengumpulan data pada penelitian ini digunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, serta melalui berbagai literatur. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teori implementasi Marilee S Grindle yakni terdapat dua dimensi implementasi kebijakan yakni dimensi isi kebijakan dan lingkungan kebijakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pada program kampus mengajar angkatan 5 dalam meningkatkan  literasi serta numerasi di Kabupaten Bogor sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat melalui hasil rekapitulasi dengan nilai  4,12 dengan penafsiran “Baik”. Berdasarkan hasil pada rekapitulasi di  kedua dimensi didapat nilai pada dimensi isi kebijakan mendapat nilai 4,12 dengan penafsiran “Sangat Baik” dan dimensi lingkungan kebijakan mendapat nilai sebesar 4,03 dengan kriteria baik. Maka dapat diartikan bahwa program ini sudah terlaksana dengan baik serta terdapat peningkatan literasi dan numerasi disekolah melalui metode pembelajaran yang aplikatif dan menyenangkan serta penyediaan fasilitas seperti perpustakaan dan pojok baca.

Article Details

How to Cite
Safutri, S., Seran, G. G. ., & Aprilliani, A. (2024). Implementasi Program Kampus mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di Kabupaten Bogor . Karimah Tauhid, 3(4), 4412–4421. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12840
Section
Articles

References

Apriliyani, N. V., Hernawan, D., Purnamasari, I., Goris, G., Sastrawan, B., Publik, A., & Studi, P. (2022). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Implementation Of Freedom To Learn Independent Campus. 8(April), 11–18.

Awan, Abdoellah, Y., & Rusfiana, Y. (2016). Buku - Teori Dan Analisis Kebijakan Publik.pdf. Alfabeta.

Kampus mengajar, T. program. (2023). Buku Panduan KM 5. 7(2), 107–115.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Pendidikan, K., & Budaya, dan tekhnologi. (2021). Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 1–16. https://academic.uii.ac.id/wp-content/uploads/2021/06/18-Jun-2021-IMplementasi-Kampus-Merdeka.pdf

Prihatin, P. S., & Wicaksono, A. (2021). Grindle Policy Implementation Theory In Analysis Of Forestry Conflict In Pelalawan District , Riau Province. 7, 31–44.

Ramadani, Anjela. Lubis, Elfahmi. Qurniati, Amnah. Adriadi, R. (2023). Implementasi Program Kampus mengajar Angkatan 4 dan Dampaknya Terhadap Budaya Literasi Siswa di SDN 43 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 452–459. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1200

Resiyani, W. (2023). implementasi program kampus mengajar Angkatan 5 dan dampaknya terhadap kemampuan literasi siswa si SDDN 156/IX Muhajirin Jambi. JURNAL PEN.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>