Optimalisasi Media Sosial Instagram untuk Meningkatkan Kinerja Layanan Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor

Authors

  • Inda Dwi Putri Universitas Djuanda
  • Desi Hasbiyah Universitas Djuanda
  • Ali Alamsyah Kusumadinata Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12685

Keywords:

Media Sosial, Instagram, Perumda Air Minum Tirtakahirupan

Abstract

Era digital mentransformasi kehidupan masyarakat, salah satunya melalui peran media sosial yang kian signifikan. Platform ini merevolusi cara manusia berkomunikasi, mempromosikan diri, dan menimba ilmu. Kini, pengguna dapat menjalin interaksi dengan individu dari berbagai latar belakang dan lokasi, memasarkan produk atau jasa dengan mudah, serta memperkaya pengetahuan dengan beragam informasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi media sosial Instagram Perumda Air Minum Tirta Kahuripan. Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial Instagram Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor terlihat dalam kemampuannya untuk memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat kepada pelanggan. Dengan menggunakan berbagai jenis konten, termasuk teks, gambar, dan video, Perumda mampu meningkatkan keterlibatan pelanggan dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan mereka.

References

Badri, M. (2011). Corporate Marketing and Communication. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Basuki, S. (2004). Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Brogan, C. (2010). Social media 101: Tactics and tips to develop your business online. Hoboken, NJ: Wiley.

Denzin, N. K. (2009). The SAGE handbook of qualitative research (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Flew, T. (2008). New media: An introduction. New York: Oxford University Press.

Kriyantono. 2012. Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta: Kencana

Laloo, M. (2002). Pengantar ilmu informasi. Jakarta: Kencana.

Marchionini, G. (2006). Information seeking and retrieval: A cognitive perspective. Cambridge, UK: Cambridge University Press. P. 124.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2023). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods (4th ed.). Sage Publications. 118

Moleong, L. J. (2017) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pendit, P. (2009). Pengantar Ilmu Informasi. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (21st ed.). Bandung: Alfabeta.

Yusuf, M. (2010). Pengantar ilmu informasi. Jakarta: Kencana. Wilson, T. D. (2017). Information behavior: An interdisciplinary perspective (3rd ed.). Cambridge, MA: MIT Press.

Downloads

Published

2024-03-13

How to Cite

Putri, I. D., Hasbiyah, D., & Kusumadinata, A. A. (2024). Optimalisasi Media Sosial Instagram untuk Meningkatkan Kinerja Layanan Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(3), 3950–3955. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12685
Abstract viewed = 11 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>