Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah

Main Article Content

Risma Fadillah
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Sarana merupakan segala fasilitas yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar, baik didalam ruangan maupun diluar ruangan, agar tujuan penelitian pembelajaran ini tercapai dengan baik, tersusun serta efektif dan efisien. Sementara itu, Prasarana adalah fasilitas yang menunjang jelannya proses pendidikan secara tidak langsung. seperti lingkungan, jalan menuju sekolah, dan lain sebagainya. Penelitian menggunakan metode kuasi-kualitatif dengan desain sederhana. Melalui observasi, wawancara mendetail, dan dokumentasi, dengan menggunakan pendekatan fenomenologis untuk mengeksplorasi. Hasil penelitain ini mencangkup empat apek: Urgensi, Manfaat, Strategi, dan Tantangan yang guru hadapi. Sarana dan prasarana mempunyai urgensi besar dalam mendukung kelancaran suatu aktivitas atau proses. Selain itu, permasalahan umum yang terjadi yaitu banyak sekolah yang kurang memadai.  Dana yang terbatas, tidak memindak tegas oknum yang melanggar tata tertib serta pemeliharaan sarana dan prasarana yang dikerjakan oleh bukan ahlinya.

Article Details

How to Cite
Fadillah, R. ., & Aliyyah, R. R. (2024). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah. Karimah Tauhid, 3(3), 3164–3176. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12248
Section
Articles

References

Amalia, z. (2018). implementasi kebijakan pengelolaan sarana dan prasarana sekolah di MAN Prambon Nganjuk. Jurnal dinamika manajemen pendidikan, 1.

Boko, Y. A. (2020). perencanaan sarana dan prasarana (SARPRAS) sekolah. jurnal pendidikan dan ekonomi, 45.

dai, b. d. (2021). analisis kebijakan pemerintahan daerah kabupaten wajo nomor 69 tahun 2020 tentang protokol kesehatan covid-19. jurnal of aafiyah health research, 17.

Huda, M. N. (2020). INVENTARISASI DAN PENGHAPUSAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN. jurnal manajemen pendidikan islam , 1.

matin dan Fuad, N. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. jakarta: Raja Grafindo Persada. .

R Aliyyah, F. P. (2017). THE INFLUENCE OF INDEPENDENCE LEARNING TO NATURAL SCIENCES. Karimah Tauhid, 3.

rahayu, s. (2019). manajemen sarana dan prasarana pendidikan. 3.

Restika M, E. H. (2020). Manajemen Sarana Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih. jurnal manajemen pendidikan, 1.

rohiyatun, b. (2021). pengelolaan sarana dan prasarans di paud. jurnal visionary, 1.

sinta, i. m. (2019). manajemen sarana dan prasarana. jurnal islamic education manajemen , 85.

sopian, a. (2019). manajemen sarana dan prasarana. jurnal tarbiah islamiah, 44.

Yanti, S. D. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. makalah INA, 8.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>