Seleksi Tenaga Pendidik: Penerapan Rekrutmen pada Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12203Keywords:
Rekrutmen, Sekolah Dasar, Seleksi, Tenaga PendidikAbstract
Guru menjadi faktor utama dalam menentukan kualitas pendidikan oleh karena itu seorang guru harus memiliki empat kompetensi guru, pedagogik, kepribadian, sosial, profesional. Penelitian ini membahas persepsi guru Sekolah Dasar (SD) tentang pentingnya dilakukan seleksi tenaga pendidik ketika proses rekrutmen. Data dikumpulkan melalui survei dalam bentuk google form dengan 15 guru di SD. Metode yang digunakan berupa analisis data menggunakan analisis tematik terhadap data kualitatif menggunakan bantuan software. Dalam hasil penelitian ditemukan empat hal yang harus diperhatikan dalam penerapan rekrutmen seleksi tenaga pendidik diantaranya, urgensi seleksi tenaga pendidik, manfaat dari diadakannya seleksi tenaga pendidik, tantangan ketika dilaksanakan seleksi tenaga pendidik, dan strategi yang tepat baik untuk perekrut atau pelamar seleksi tenaga pendidik. Secara garis besar, rekrutmen seleksi tenaga pendidik sangat penting dilakukan untuk menghasilkan guru yang profesional serta berkompeten sesuai pada bidangnya agar mampu mendidik anak bangsa. Seleksi tenaga pendidik akan bekerja dengan efektif dan efisien jika semua penilaiannya dilakukan secara objektif.
References
Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Ulfah, S. W., & Ichsan, M. (2020, April). Guru Berprestasi Penguatan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 59-64.
Aliyyah, R. R., Widyasari, Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019, Desember). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Alignment: Journal of Administration and Education Management, 2(2). https:/.doi.org/1031539/aligment.y2i2.957
Amalia, P. (2010). Strategi Rekrutmen Tenaga Pendidik dan Kependidikan pada Sekolah Dasar Islam Terpadu(SDIT) Darul Muttaqien Parung Bogor.
Fullan, M., & Boyle, A. (2014). Educational Change: An Overview of Key Issues. Handbook of Educational Policy.
Galloway, F. J., & Jenkins, J. R. (2005, March). The Adjustment Problems Faced by International Students in the United States: A Comparison of International Students and Administrative Perceptions at Two Private, Religiously Affiliated Universities. NASPA Journal, 42(2). https://doi.org/10.2202/1949-6605.1471
Goe, G., & Laura, L. (2010). Recruiting and Retaining Highly Effective Teachers: What Works and How Do You Know?: National Comprehensive Center for Teacher Quality.
Gravani, M. N. (2015). Curriculum Leadership: Readings for Developing QualityEducational Programs. SAGE Publications.
Gunawan, H. (2021, Juli). Analisis Manfaat Seleksi Karyawan terhadap Produktivitas dan Efektivitas Kerja Karyawan pada Bidang Perhotelan di Kota Makassar. Mover Journal, 3(2), 89-100.
Hamalik, O. (2017). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Pongoh, D. (2022). Urgensi Manajemen Rekrutmen Guru. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(6).
Kusmani, Y. R. (2012). Metode Studi Kasus. 2, 14-155.
Liu, L. (2011). An International Graduate Student’s ESL Learning Experience beyond The Classroom. Canada Journal, 77-92.
Marzano, R. J. (2012). The Art and Science of Teaching: A Comprehensive Framework for Effective Instruction. ASCD.
Maulansyah, R. D., Febrianty, D., & Akbari, M. (2023, Oktober). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting. Journal Of Information Systems and Management, 02(05).
Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen Pendidikan. In Manajemen Pendidikan. Raja Grafika Persada.
Rasmitadila, R., Aliyyah, R. R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & S T, A. R. as(2020, Agustus). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus di Indonesia. Jurnal Kajian Etnis dan Budaya, 7(2), 90-190. https://www.jstor.org/stable/48710085
Sadiman, A. S., Haryono, H. R., & B. Sumintono. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali Pers.
Siswanto, S. B. (2005). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Syifa, F., Emnis, A., & Rusi, R. (2016). Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru di SDN Ciawi 1 dan SDN Ciawi 2 Bogor. Jurnal Ta'dibi, 5(1).
Utami, S. (2019). Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia Melalui Peningkatan Kualitas Personal,Profesional, dan Strategi Rekrutmen Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 518-527.
Zhelshafitri, W. D., Sofiayen, & Thayib. (2024). Urgensi Rekrutmen dan Seleksi bagi Pelaku Usaha Franchise (Studi Kasus pada UD seleraku). Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis Syarihah, 6(3). DOI: 10.47467/alkharaj.v6i3.4602
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salma Yuliani, Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.