Transformasi Pendidikan Tinggi Menuju kualitas dan Profesionalisme

Main Article Content

Muhamad Nawawi
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Transformasi pendidikan tinggi menuju kualitas dan profesionalisme, didukung oleh sertifikasi dosen, memiliki dampak positif yang mendalam. Ini mencakup peningkatan relevansi kurikulum, transparansi penilaian, efisiensi pembelajaran, dan kolaborasi dengan industri. Meskipun memberikan manfaat signifikan, transformasi ini juga menimbulkan beberapa dampak negatif seperti peningkatan biaya pendidikan dan stres mahasiswa. Tantangan seperti integrasi teknologi, peningkatan aksesibilitas, dan persaingan global memerlukan solusi terfokus. Saran untuk meningkatkan sertifikasi dosen mencakup kolaborasi erat dengan industri, peningkatan aksesibilitas, adopsi teknologi pendidikan, evaluasi kinerja dosen, dan pembangunan jaringan alumni. Dengan upaya Bersama.

Article Details

How to Cite
Nawawi, M. ., & Aliyyah, R. R. (2024). Transformasi Pendidikan Tinggi Menuju kualitas dan Profesionalisme . Karimah Tauhid, 3(2), 2374–2390. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12055
Section
Articles

References

Mujahidah, M., & Wekke, I. S. (2019). Transformasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Indonesia.

Helaluddin, H. (2019). Peningkatan kemampuan literasi teknologi dalam upaya mengembangkan inovasi pendidikan di perguruan tinggi. PENDAIS, 1(01), 44-55.

Rusydi, I. (2017). Peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan. Warta Dharmawangsa, (53).

Helaluddin, H. (2019). Peningkatan kemampuan literasi teknologi dalam upaya mengembangkan inovasi pendidikan di perguruan tinggi. PENDAIS, 1(01), 44-55.

Hasibuan, M. R. R. (2023). PENERAPAN TEKNOLOGI PRECISION FARMING UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PRODUKSI PERTANIAN.

Prananosa, A. G., Putra, M. R. E., Yuneti, A., & Aliyyah, R. R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Keterampilan Berkomunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 1(2), 63-74.

Suryantika, I., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Pembelajaran di Luar Kelas pada Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(6), 3103-3134.

Nurfaidah, C., & Aliyyah, R. R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Kedisiplinan Siswa pada Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 3(1), 183-204.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016, September). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).

Pratiwi, A., Lintangsari, A. P., Rizky, U. F., & Rahajeng, U. W. (2018). Disabilitas dan pendidikan inklusif di perguruan tinggi. Universitas Brawijaya Press.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>