Perpustakaan: Persepsi Mahasiswa Tentang Pusat Sumber Belajar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12007Keywords:
Persepsi Mahasiswa, Pusat sumber belajar, PerpustakaanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan hasil dari persepsi mahasiswa program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) tentang perpustakaan sebagai pusat sumber belajar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, penelitian ini menganalisis data dengan menggunakan analisis induktif dan tematik untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengembangkan tema-tema yang diekspresikan oleh para responden. Hasil penelitian ditemukan 3 komponen mengenai perspektif mahasiswa MPI terkait urgensi mahasiswa mengunjungi perpustakaan, manfaat perpustakaan, dan kendala yang dihadapi mahasiswa dalam mengunjungi perpustakaan.
References
Braun, V., & Clarke, V. (2019). Merefleksikan analisis tematik refleksif. Penelitian Kualitatif dalam Olahraga, Latihan dan Kesehatan, 11(4), 589-597. httPs://doi.org/10.1080/2159676x.2019.1628806
Eskha, A. (2018). Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 2(1), 12–18.
Merill, Irving R. dan Drob, Harold A. (1977). Criteria for Palnning The College and university Learning Resources Center. AECT.
Sahara, A., & Aliyyah, R. R. (2021) Mutu Pendidikan Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Suparmo, P. (2012). Menggagas kualitas perpustakaan perguruan tinggi. Visi Pustaka, 14(3), 51–59
Utami, W. N., & Aliyyah, R. R. (2021). Sarana Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Belajar Siswa di Provinsi Jawa Tengah.
Wahidmurni (2017). Pemaparan metodologi penelitian kualitatif. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Widyasari, W., Marini, A., Aliyyah, R. R., Gafar, A. A., & Ruhimat, R. (2021). Fungsi Pendidikan dan Penelitian pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 6011-6016.Suparmo, P. (2012). Menggagas Kualitas Perpustakaan Perguruan Tinggi. Visi Pustaka, 14(3), 51–59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Aisyah; Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.