Komunikasi Pemasaran KUR dalam Program Pojok Mantri Desa

Main Article Content

Esty Adisti
Koesworo Setiawan
Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Salah satu jenis bantuan finansial yang diberikan pemerintah adalah Program Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang memberikan pancing kepada masyarakat. Meningkatkan kemampuan dan modal sosial dan manusia orang miskin dapat dicapai melalui program penanggulangan kemiskinan. Bisnis paling umum di Indonesia, terutama di desa, adalah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). UMKM memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan dan produktivitas masyarakat desa.  Penelitian ini melihat bagaimana kejelasan program KUR BRI yang disampaikan melalui komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuantifikasi pertanyaan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang ditanyakan kepada masyarakat desa. Penelitian ini dilakukan di tahun  2023 di Desa Cipayung Kecamatan Cisarua Bogor. Pengambilan sampel secara purposive kepada nasabag BRI yang menggunakan jasa Program BRI. Hasil memperlihatkan bahwa komunikasi pemasaran dilakukan secara jelas dan sistematis dalam penyampaian program dan memberikan dampak konsumsi program yang tinggi kepada masyarakat. Program memiliki kejelasan dan nilai kepercayaan dan masyarakat memiliki kemampuan untuk dapat menerima dan bergabung dalam Program Pojok Mantri Desa. Hal ini merupakan salah satu bagian alternatif masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan hidup yang dialami masyarakat dengan mengedepankan kepercayaan kepada BRI setempat. Oleh karena itu, program ini memberikan kemampuan masyarakat untuk bergerak lebih baik membangun masa depan yang lebih baik dengan bantuan modal yang berupa pancing bukan ikan.

Article Details

How to Cite
Adisti, E. ., Setiawan, K. ., & Kusumadinata, A. A. (2024). Komunikasi Pemasaran KUR dalam Program Pojok Mantri Desa. Karimah Tauhid, 3(2), 1912–1920. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11981
Section
Articles

References

Adinda, R. Q., & Kusumadinata, A. A. (2023). Teknik Komunikasi Dalam Dunia Kerja. Karimah Tauhid, 2(1),, 2(1), 360–368. Doi:Doi:Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V2i1.8033

Amanda, G. (2022, 2 14). Mengenal Pojok Mantri Desa Bri. Retrieved From Https://Ekonomi.Republika.Co.Id: Https://Ekonomi.Republika.Co.Id/Berita/R7ai1c423/Mengenal-Pojok-Mantri-Desa-Bri

Aristanto, E., Khouroh, U., & Ratnaningsih, C. S. (2020). Dinamika Kebijakan Program Kredit Usaha Rakyat (Kur) Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Jmdk), 8(1), 85-95.

Creswell, J. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches . Singapore : Sage Publication.

Fernandes, Y. D., & Marlius, D. (2018). Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Utama Padang. 1-12.

Hanief, I., Luthfie, M., & Kusumadinata, A. A. (2023). Implementasi Komunikasi Di Rumah Tahfidz Yatim Dhuafa Arsyada. Humanus, 1(1), 56-63. Doi:Https://Doi.Org/10.62180/Ceeahn75

Haristine, F., Luthfie, M., & Kusumadinata, A. A. (2018). Kompetensi Komunikasi Tenaga Freelance Dalam Bisnis Wedding Planner Di Bogor. Jurnal Komunikatio, 4(2), 71-82. Doi: Https://Doi.Org/10.30997/Jk.V4i2.1214

Ibrahim. (2021). Kepercayaan Publik Pada Program Bantuan Modal Bagi Pelaku Usaha Ekonomi Produktif Di Desa Manggalung Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkep. Makassar : Universitas Hasanuddin.

Khoiriya, U., Kusumadinata, A., & Hasbiyah. (2023). Marketing Communication Of Indigenous People's Products Through Instagram Social Media @Gerainusantara_Aman. Indonesian Journal Of Applied And Industrial Sciences (Esa), 2(5), 507 - 518. Doi:Doi: Https://Doi.Org/10.55927/Esa.V2i5.6008

Kusumadinata, A. A., Salsabila, A., Ningsih, W, A., Friyadi, E., Rachman, F. F., . . . W., N. (2022). Penyuluhan Pemanfaaatan Sosial Media Instagram Membentuk Branding Usaha Mikro Kecil (Umk). Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(3), 149–156. Retrieved From Retrieved From Https://Syadani.Onlinelibrary.Id/Index.Php/Js/Article/View/29

Nurfauziah, N. M., & Nurcahyanto, H. (2020). Nalisis Efektivitas Program Tenaga Kerja Mandiri (Tkm) Di Kabupaten Purwakarta (Studi Kasus: Desa Taringgullandeuh Kecamatan Kiarapedes). Journal Of Public Policy And Management Review, 9(2), 15-34.

Putri, N., & Kusumadinata, A. (2023). Keterampilan Komunikasi Budaya Di Pesantren. Karimah Tauhid, 2(4), 901-908. Doi:Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V2i4.8117

Ramadhani, W. A., Irawati, N., & Maulana, C. (2022). Penerapan Metode Multifactor Evaluation Process (Mfep) Untuk Menentukan Kelayakan Penerima Bantuan Pinjaman Modal Usaha Kecil Menengah. Building Of Informatics, Technology And Science (Bits), 4(1), 50-59.

Setiawan, E. A., & Fadhilah, M. (2023). Strategis Promosi Digital Marketing Pada Distributor Keramik Di Yogyakarta. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(4), 287-292.

Simbolon, F., Hasbiyah, D., & Kusumadinata, A. A. (2023). Keterampilan Komunikasi Petugas Survey Pendataan Penduduk. Karimah Tauhid, 2(5), 1266–1273. Doi:Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V2i5.9809

Siregar, S., Andriansyah, Y., & Rangkuti, K. (2021). The Perception Of Red Chili Farmers On The Implementation Of Pt. Inalum's Csr (Coorporate Social Responbility) Program In The Village Of Lubuk Cuik Distric Of Lima Puluh, Batu Bara Regency. Jasc (Journal Of Agribusiness Sciences), 4(2), 43-52.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>