Penerapan Pembelajaran di Luar Kelas pada Sekolah Dasar: Studi Implementasi Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11620Keywords:
outdoor study, sekolah dasar, kelas rendah, kurikulum merdekaAbstract
Penerapan metode pembelajaran di luar kelas (outdoor Study) pada tingkat SD telah banyak dilakukan. Akan dari penerapan metode ini hanya banyak dilakukan pada kelas tinggi saja, sedangkan untuk tingkat kelas rendah sangat jarang ditemui. Hal ini mendorong peneliti untuk mengkaji proses pembelajaran dan persepsi guru kelas rendah terhadap metode pembelajaran tersebut. Peneltian ini menggunakan metode kuasi kualitatif dengan desain penelitian sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya kesesuaian antara penerapan metode pembelajaran outdoor study dalam implementasi kurikulum merdeka. Secara garis besar pembelajaran pada kelas rendah dengan menggunakan metode pembelajaran ini dapat diterapkan lancar apabila disertai dengan perencanaan yang matang dan adanya kerjasama yang baik antara orang tua dan guru.
References
Aliyyah, R. R., Abdurakhman, O., & Humaniora, J. S. (2017). Pengelolaan Kelas Rendah di
SD Amaliah Ciawi Bogor [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/z26fq
Aliyyah, R. R., Ayuntina, D. R., Herawati, E. S. B., Suhardi, M., & Ismail. (2020). Using of
Contextual Teaching and Learning Models to Improve Students Natural Science Learning Outcomes. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.50
Aliyyah, R. R., Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and e-Learning Research, 10(2), 154-164.
Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran
Sejarah dalam Perspektif Historis. 7(1), 111–117.
Antari, C. J., Triyogo, A., & Egok, A. S. (2021). Penerapan Model Outdoor Learning pada
Pembelajaran Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2209–2219. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1165
Ati, Aster Pujaning, Cleopatra, Maria, & Widiyarto, Sigit. (2020). Strategi Pembelajaran dan
Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia: Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. 36–42.
Awaluddin, R., & Setiyadi, M. W. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning
Berbentuk Jelajah Lingkungan Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. 14(1).
Braun, V., & Clarke, V. (2019). Reflecting on reflexive thematic analysis. Qualitative Research
in Sport, Exercise and Health, 11(4), 589–597. https://doi.org/10.1080/2159676X.2019.1628806
Egok, A. S., Andeli, A. P., & Sofiarini, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Outdoor
Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SD Negeri Tanjung Beringin.
Kumar, R. (2011). Research Methodology a step-by-step guide for beginners (Ffth Edition).
Sage Publishing.
Muniroh, L., Ghufron, S., Thamrin Hidayat, M., & Kasiyun, S. (2022). Pengaruh Model
Pembelajaran Di Luar Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Dalam Menulis Laporan Di UPT SDN 177 Gresik. Journal of System Engineering and Technological Innovation (JISTI), 1(02), 48–54. https://doi.org/10.38156/jisti.v1i02.22
Suryantika, I., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Pembelajaran di Luar Kelas pada Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(6), 3103-3134.
Suwardi, A. A., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Minat Belajar Siswa pada Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(6), 2948-2965.
Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis
Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974
Yogik priyanto. (2018). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa
Kelas 3 SD pada Pelajaran IPA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tini Suwardi, Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.