Penerapan Pembelajaran di Luar Kelas pada Sekolah Dasar: Studi Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Tini Suwardi Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11620

Keywords:

outdoor study, sekolah dasar, kelas rendah, kurikulum merdeka

Abstract

Penerapan metode pembelajaran di luar kelas (outdoor Study) pada tingkat SD telah banyak dilakukan. Akan dari penerapan metode ini hanya banyak dilakukan pada kelas tinggi saja, sedangkan untuk tingkat kelas rendah sangat jarang ditemui. Hal ini mendorong peneliti untuk mengkaji proses pembelajaran dan persepsi guru kelas rendah terhadap metode pembelajaran tersebut. Peneltian ini menggunakan metode kuasi kualitatif dengan desain penelitian sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya kesesuaian antara penerapan metode pembelajaran outdoor study dalam implementasi kurikulum merdeka. Secara garis besar pembelajaran pada kelas rendah dengan menggunakan metode pembelajaran ini dapat diterapkan lancar apabila disertai dengan perencanaan yang matang dan adanya kerjasama yang baik antara orang tua dan guru.

References

Aliyyah, R. R., Abdurakhman, O., & Humaniora, J. S. (2017). Pengelolaan Kelas Rendah di

SD Amaliah Ciawi Bogor [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/z26fq

Aliyyah, R. R., Ayuntina, D. R., Herawati, E. S. B., Suhardi, M., & Ismail. (2020). Using of

Contextual Teaching and Learning Models to Improve Students Natural Science Learning Outcomes. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.50

Aliyyah, R. R., Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and e-Learning Research, 10(2), 154-164.

Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran

Sejarah dalam Perspektif Historis. 7(1), 111–117.

Antari, C. J., Triyogo, A., & Egok, A. S. (2021). Penerapan Model Outdoor Learning pada

Pembelajaran Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2209–2219. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1165

Ati, Aster Pujaning, Cleopatra, Maria, & Widiyarto, Sigit. (2020). Strategi Pembelajaran dan

Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia: Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. 36–42.

Awaluddin, R., & Setiyadi, M. W. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning

Berbentuk Jelajah Lingkungan Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. 14(1).

Braun, V., & Clarke, V. (2019). Reflecting on reflexive thematic analysis. Qualitative Research

in Sport, Exercise and Health, 11(4), 589–597. https://doi.org/10.1080/2159676X.2019.1628806

Egok, A. S., Andeli, A. P., & Sofiarini, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Outdoor

Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SD Negeri Tanjung Beringin.

Kumar, R. (2011). Research Methodology a step-by-step guide for beginners (Ffth Edition).

Sage Publishing.

Muniroh, L., Ghufron, S., Thamrin Hidayat, M., & Kasiyun, S. (2022). Pengaruh Model

Pembelajaran Di Luar Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Dalam Menulis Laporan Di UPT SDN 177 Gresik. Journal of System Engineering and Technological Innovation (JISTI), 1(02), 48–54. https://doi.org/10.38156/jisti.v1i02.22

Suryantika, I., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Pembelajaran di Luar Kelas pada Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(6), 3103-3134.

Suwardi, A. A., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Minat Belajar Siswa pada Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(6), 2948-2965.

Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis

Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974

Yogik priyanto. (2018). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa

Kelas 3 SD pada Pelajaran IPA.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Suwardi, T., & Aliyyah, R. R. . (2024). Penerapan Pembelajaran di Luar Kelas pada Sekolah Dasar: Studi Implementasi Kurikulum Merdeka. Karimah Tauhid, 3(1), 205–228. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11620
Abstract viewed = 23 times