Implementasi Kurikulum Merdeka: Upaya Guru dalam Mengelola Tingkah Laku Peserta Didik pada Kelas Tinggi

Main Article Content

Dilla Maria
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Kebijakan pemerintah untuk mengembangkan bakat dan membangun karakter peserta didik dengan tujuan mencerdaskan anak bangsa dan berkualitas. Dalam sistem pendidikan Indonesia, kurikulum telah diubah sebanyak 11 kali sejak tahun 1947. Kurikulum berfungsi sebagai pengadaptasian, integrator, pembeda, memilih, dan diagnosis Pengelolahan kelas juga berpengaruh dalam pengelolahan tingkah laku peserta didik ketika di dalam kelas sehingga membuat suasa kelas menjadi menyenangkan dan membuat peserta didik nyaman di kelas. Tujuan penelitian in untuk mengetahui upayah implementasi kurikulum merdeka terhadap tingkah laku peserta didik pada kelas tinggi. Penelitian ini menggunakan studi kasus yang memusatkan pada suatu objek kemudian di jelaskan secara rinci kemudia menggabungkan metode pengumpulan data seperti arsip, wawancara, kuesioner, dan observasi. Hasil penelitian yaitu guru memiliki beberapa upayah dalam impelemtasi kurikulum merdeka yaitu strategi, kegiatan pembelajaran, praktek, hembatan dan dukungan berdasarkan hasil pembahasan tentang upayah implementasi kurikulum merdeka terhadap tingkah laku peserta didik pada kelas tinggi guru memiliki beberapa upayah sehingga implementasi kurikulum tersebut berjalan dengan semestinya meskipun memili hambatan didalamnya namun dukungan dari warga sekolah dan orang tua juga sangat berpengaruh sehingga peserta didik nyaman dengan implementasi kurikulum merderka.

Article Details

How to Cite
Maria, D. ., & Aliyyah, R. R. . (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Upaya Guru dalam Mengelola Tingkah Laku Peserta Didik pada Kelas Tinggi. Karimah Tauhid, 2(6), 2852–2869. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.10905
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., & Abdurakhman, D. O. (2016). Pengelolaan Kelas Rendah Di SD Amaliah Ciawi Bogor. Jurnal Sosial Humaniora, 7(2), 81–95.

Aliyyah, et al. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and e-Learning Research. Vol. 10, No. 2, 154-164.

Auliansah1, F., & Aliyyah, R. R. (2021). Peningkatan Kondisi Ruang Kelas terhadap Jumlah Peserta Didik di Provinsi Sumatera Utara. Researchgate.Net, July. https://www.researchgate.net/profile/Auliansah-Feni/publication/352971946_Peningkatan_Kondisi_Ruang_Kelas_terhadap_Jumlah_Peserta_Didik_di_Provinsi_Sumatera_Utara/links/60e13a13299bf1ea9ede03da/Peningkatan-Kondisi-Ruang-Kelas-terhadap-Jumlah-Peserta-Didik

Chan, F., Kurniawan, A. R., . N., Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>