Pengaruh Pengungkapan Diri Terhadap Intimate Relationship pada Pengguna Dating apps Tantan
Main Article Content
Abstract
Adanya pergeseraan kebiasaan serta kebudayaan masyarakat saat ini, dimana semuanya
menjadi serba digital. Terlebih dengan perkembangan teknologi komunikasi yang semakin
cepat dan turut menghadirkan banyak perubahaan. Perubahaan ini menghadirkan kebiasaan
baru dalam kehidupan masyarakat, salah satunya adalah membantu dalam urusan mencari
pasangan hidup atau jodoh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
pengungkapan diri terhadap intimate relationship yang dibangun melalui aplikasi kencan
(Dating Apps), khususnya Tantan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode survei
dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner yang dibagikan kepada pengguna
Dating Apps Tantan. Data sekunder juga digunakan dari sumber seperti jurnal online, buku/ebook,
company profile, media online pemerintah, serta media sosial dan media massa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan diri memiliki pengaruh yang positif terhadap
intimate relationship pada pengguna Dating Apps Tantan. Hasil analisis data menunjukkan
bahwa pengungkapan diri yang dilakukan oleh pengguna Dating Apps Tantan berada dalam
kategori yang baik Selain itu, penelitian ini juga mencoba untuk memahami proses
pendekatan yang dilakukan oleh pengguna melalui Dating Apps untuk membangun intimate
relationship. Penggunaan Dating Apps memberikan kesempatan bagi individu untuk saling
mengenal dan berkomunikasi secara bebas dan praktis, yang dapat membantu membangun
kedekatan dan hubungan romantis.Dengan demikian, penelitian ini memberikan
pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pengungkapan diri melalui Dating Apps
dapat mempengaruhi pembentukan intimate relationship dan bagaimana proses pendekatan
dalam aplikasi tersebut berperan dalam membangun hubungan yang lebih akrab.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Azwar, S. (2003). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya. Pustaka Pelajar
Buntaran, F. A. A. & Helmi, A. F. (2015). Peran kepercayaan interpersonal remaja yang kesepian dalam memoderasi pengungkapan diri pada media jejaring sosial online.
Beebe,S.A & Beebe,S.J & Redmond, M.V.1999. Interpersonal Communication-Relating to Others, (2nd ed). USA: Allyn and BaconJurnal
Canary, D. J., & Dainton, M. (2003). Maintaining relationships through strategic and routine dialectics. In J. O. Greene & B. R. Burleson (Eds.), Handbook of communication and social interaction skills (pp. 501-542). Routledge.
Canary, D. J., & Dainton, M. (2019). Conflict and communication in interpersonal relationships. Routledge.
Carpenter, A., & Greene, K. (2017). Social Penetration Theory. The International Enclycopedia of Interpersonal Communication, USA
Canary, D. J., & Dainton, M. (2003). Maintaining relationships through strategic and routine dialectics. In J. O. Greene & B. R. Burleson (Eds.), Handbook of communication and social interaction skills (pp. 501-542). Routledge.
Catherine A. Surra dan Jennifer L. Feeney: Surra, C. A., & Feeney, J. L. (2011). Choosing partners: Toward a theory of dyadic assembly.
Deborah Tannen: Tannen, D. (1990). You just don't understand: Women and men in conversation.
Deasy Handayani. (2017). Komunikasi Keluarga.
Gottman, J. M. (2015). The Seven Principles for Making Marriage Work.
Gottman, J. M., & Gottman, J. S. (2015). The Gottman Relationship Guides: The Art and Science of Love.
Gottman, J. M., & Silver, N. (2012). What Makes Love Last?: How to Build Trust and Avoid Betrayal.
Gottman, J. M., & Silver, N. (2012). What Makes Love Last?: How to Build Trust and Avoid Betrayal.
Guerrero, L. K., & Andersen, P. A. (2011). Close encounters: Communication in relationships.
Iskandar, 2009 . Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Jakarta: Gaung Persada Pers,), hlm.60
Irwin Altman dan Dalmas Taylor: Altman, I., & Taylor, D. A. (1973). Social penetration: The development of interpersonal relationships.
Julia T. Wood, 2009 Communication in Our Lives, USA: University of North Carolina at Capital Hill,
Khotimah, S., & Fitriyah, A. (2019). Evaluasi kinerja pegawai dengan menggunakan skala Likert pada dinas perhubungan kota Surabaya.
Klein, G. (2003). The Power of Intuition: How to Use Your Gut Feelings to Make Better Decisions at Work.
Knobloch, L. K., & Theiss, J. A. (2017). Relational turbulence model. The International Encyclopedia of Media Effects.
Lyubomirsky, S. (2008). The How of Happiness: A Scientific Approach to Getting the Life You Want.
Mulyana, Deddy.2002. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prof. Dr. H. Hafied Cangara, 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Raja Grafindo Perkasa,
Rakhmat, Jalaudin. 2018. Psikologi Komunikasi edisi Revisi Bandung : PT Remaja Rosdakarya hlm 5
Soyomukti, Nurani 2012 Pengantar Ilmu Komunikasi/Nurani Soyomukti-Jogjakarta: Ar-Ruzz Media,
Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:IKAPI
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2008. Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.
Rahim, M. A. (2011). Managing conflict in organizations (4th ed.). Transaction Publishers.
Setiawati, A., & Dwiyanti, V. (2017). Hubungan antara komunikasi, kepuasan, dan kesejahteraan dalam hubungan pasangan. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(2), 173-181.
JURNAL
Ani Atih. Komunikasi Verbal dan Nonverbal dalam Hubungan Interpersonal.
Ayuningtyas, D. (2018). Konsep dan Tantangan Komunikasi Bermedia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(2), 105-118. Universitas Negeri Jakarta , 2015
Irwanto. (2016). Psikologi Keluarga Kontemporer.
Murniati Mukhlisin. (2017). Komunikasi Keluarga.
Tri Ratnaningsih. (2017). Psikologi Perkawinan dan Keluarga.
Trias Mahmudiono. (2015). Komunikasi Dalam Rumah Tangga.
Tri Kurniati. (2012). Psikologi Perkawinan dan Keluarga.
Yusuf Iskandar. (2016). Pengasuhan Anak dalam Islam. Deepublish.
Jurnal Administrasi Publik, 8(1), 41-49. Jurnal ini membahas tentang penggunaan skala Likert dalam evaluasi kinerja pegawai pada dinas perhubungan kota Surabaya
Jurnal Jurnal Psikologi Vol. 16 No. 2 Oktober 2017, 128-137
Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis ISSN : 2655-8238 Vol. 3 No.1 31 Januari 2021
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi. Volume 7, No. 2, April 2022, hlm 369-386
Internet
https://dataindonesia.id/digital/detail/berapa-pengeluaran-pengguna-indonesia-untuk-aplikasi-kencan