EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR MAHASISWA DALAM MEMBANGUN MOTIVASI PENYELESAIAN TUGAS AKHIR

Main Article Content

Rina Selviana
Sukarelawati
H.M. Luthfie

Abstract

Setiap mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir pasti memiliki kendala atau kesulitan yang berdampak pada hilangnya motivasi, dalam menyelesaikan masalah tersebut umumnya mahasiswa melibatkan komunikasi interpersonal dengan teman sesama peserta skripsi. Adapun upaya untuk dapat membangun motivasi tersebut maka membutuhkan komunikasi interpersonal yang berhasil dan efektif diantara mahasiswa peserta skripsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya mahasiswa angkatan 19 prodi sains komunikasi dalam menyelesaikan tugas akhir di Universitas Djuanda Bogor melalui komunikasi interpersonal antar peserta dan bagaimana komunikasi interpersonal antar mahasiswa peserta skripsi angkatan 19 prodi sains komunikasi dalam membangun motivasi menyelesaikan tugas akhir di Universitas Djuanda Bogor. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian diambil secara purposive sampling melibatkan 8 mahasiswa angkatan 19 yang mengambil skripsi dimulai sejak dari semester 7. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya mahasiswa untuk dapat menyelesaikan tugas akhirnya melalui komunikasi interpersonal yaitu dengan cara saling sharing permasalahan tugas akhir dengan teman sesama peserta skripsi baik komunikasi secara langsung ataupun secara tidak langsung melalui media. Setiap mahasiswa mengatakan komunikasi interpersonal yang dilakukan terjalin lancar dan efektif, saling bertukar pikiran yang pada akhirnya mahasiswa mendapatkan solusi atau jawaban yang dapat membantu mahasiswa memecahkan permasalahan yang dihadapinya. Adapun komunikasi interpersonal dalam membangun motivasi penyelesaian tugas akhir yang terjalin antar sesama peserta skripsi melalui saling percaya mahasiswa mampu bercerita tanpa saling menjatuhkan, saling mendukung mahasiswa mendapatkan dukungan informasi serta kata-kata motivasi dan terbuka menjadi tempat berkeluh kesah sehingga berhasil membangkitkan motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya.                    


 

Article Details

How to Cite
Selviana, R., Sukarelawati, & H.M. Luthfie. (2023). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR MAHASISWA DALAM MEMBANGUN MOTIVASI PENYELESAIAN TUGAS AKHIR. Karimah Tauhid, 2(5), 1794–1801. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10214
Section
Articles
Author Biography

Rina Selviana, Universitas Djuanda

Program Studi Sains Komunikasi

References

Anam, Khairul H. dkk. 2022. Komunikasi Antarpribadi Meningkatkan Efektivitas Kecakapan Interpersonal dalam Bidang Kesehatan Volume 1. Kalimantan Selatan: CV. Ahbab Pustaka.

Kusumastuti, Adhi., & Khoiron, A.M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Volume 1. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Yusuf, Zulfikar. (2020) Peran Motivasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMM), Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam. 9(1), 233-248.

Wahyuni, D.L., & Irsalina, I.F. (2014). Komunikasi Interpersonal Terhadap Dosen Pembimbing dan Ketakutan Akan Kegagalan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi. 3(2), 85-93.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>