PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG INDIGOFERA DALAM KONSENTRAT TERHADAP PERFORMA PRODUKSI DOMBA EKOR GEMUK

Main Article Content

Novitri Tarigan
Elis Dihansih
Dede Kardaya

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 26 Mei sampai 26 Juli 2018, di Peternakan Mitra Tani Desa Tegal Waru RT 04 RW 05, Kecamatan Ciampea, Bogor Barat.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang pengaruh pemberian tepung indigofera dalam konsentrat terhadap performa produksi domba ekor gemuk selama penggemukan. Domba yang digunakan dalam penelitian ini adalah 12 ekor (11kg) dengan keseluruhan betina dengan umur satu tahun. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan masing-masing perlakuan 3 ulangan. Peubah yang diamati pada penelitian ini adalah konsumsi pakan, pertambahan bobot badan dan konversi pakan. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan sidik ragam (ANOVA) dan menggunakan uji lanjut Tukey. Hasil yang diperoleh dilihat dari setiap minggu pemeliharaan menunjukkan bahwa konsumsi pakan, pertambahan bobot dan dan konversi pakan berbeda nyata pada minggu ke 6 sampai ke 8. Namun secara keseluruhan performa domba ekor gemuk selama 2 bulan pemeliharaan menunjukkan konsumsi pakan tidak nyata sedangkan pertambahan bobot badan domba sangat nyata (P> 0,01) dan konversi pakan nyata (P>0,05). Domba Ekor Gemuk dapat diberikan tepung indigofera sampai 30% selama 60 hari pemeliharaan sehingga pertambahan bobot badan lebih baik serta lebih efisien terhadap pakan.  


Kata Kunci: performa, domba ekor gemuk, indigofera.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tarigan, N., Dihansih, E., & Kardaya, D. (2021). PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG INDIGOFERA DALAM KONSENTRAT TERHADAP PERFORMA PRODUKSI DOMBA EKOR GEMUK. Jurnal Peternakan Nusantara, 7(2). https://doi.org/10.30997/jpn.v7i2.4681
Section
Articles
Author Biographies

Novitri Tarigan

 

 

 

Elis Dihansih, Universitas Djuanda

 

 

Dede Kardaya, Universitas Djuanda

 

 

References

Abdullah L, Suharlina. 2010. Herbage Yield and Quality of Two Vegetative Parts ofAccession. J Animal Feed Science and Technology 136: 312–322.and Species on Chemical omposition and In Vitro Digestibility of Five Indigofera.

Direktorat Jendral Bina Produksi Peternakan. 2006. Statistik Peternakan. Direktorat Jendral Bina Produksi Peternakan, Departemen Pertanian, Jakarta.

Hasnudi & T. H. Wahyuni. 2005. Pengaruh Penggunaan Hasil Sampingan Industri Kelapa Sawit dan Limbah Pertanian Terhadap Performans dan Bobot Potong Domba Sei Putih. J. AGRIPET. 1 (1): 1-17.

Maryani A, Kardaya D, dan Dihansih E. 2015. Performa Produksi Kelinci Lokal yang Diberikan Pakan Tambahan Tepung Daun Sirsak. Jurnal Peternakan Nusantara 1(1):17–24. [accessed Oct 06 2018].

Metkono OAF, Kardaya D, Sudrajat D. 1011. Performa Domba Lokal Yang Diberi Ransum Rumput Lapang dan Ampas Tahu Yang Dipelihara Secara Tradisional. Jurnal Pertanian ISSN 2087-4936 Volume 2 Nomor 2, Oktober 2011.

National Research Council. 2006. Nutrient Requirements of Small Ruminants (Sheep, Goats, Cervids, and New World Camelids). National Academic Press. Washington, D.C. Pertanian Bogor.

Negesse T, Rodehutscord M, Pfeffer E. 2001. The effect of dietary crude protein lev on intake, growth, proteim retention, and utilization of growing male Saanen kids. Small umin. Res. 39:243-351.

Nur’adhadinia. 2011. Performa Pertumbuhan Domba Lokal Yang Diberi Pakan Level Ampas Kurma Berbeda. Penelitian IPB, Bogor

Siregar, S.B. 1994. Ransum Ternak Ruminansia. Penebar Swadaya. Jakarta

Steel RGD, Torrie JH. 1993. Prinsip dan Prosedur Statistika. Terjemahan: M.

Syah. Jakarta (ID): Gramedia.

Yousef MK. 1985. Stress Physiology in Livestock: Basic Principle. Ed ke-1. Florida (US)

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>