PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L.) PADA AIR MINUM TERHADAP KUALITAS TELUR BURUNG PUYUH (COTURNIX-COTURNIX JAPANICA

Main Article Content

Syailendra Syahputra Siahaan
Hanafi Nur
Anggraeni Anggraeni

Abstract

Kualitas telur dapat diketahui dengan cara mengukur kualitas eksterior yaitu warna, bentuk telur, bobot telur sedangkan interior meliputi haugh unit (HU), yolk, dan albumen telur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas telur burung puyuh yang diberi ekstrak buah pare (Momordica Charantia L.). Penelitian ini dilaksanakan di kandang peternakan Universitas Djuanda Bogor, Jl. Tol Ciawi No. 1, Kotak Pos 35 Ciawi, Bogor 16720 dari bulan Februari-Maret 2019. Ternak yang digunakan dalam penelitian ini burung puyuh (coturnix-coturnix japonica) umur 30 hari sebanyak 100 ekor. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri atas 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini RO= 0% ekstrak buah pare (Kontrol), R1= air minum dengan 2,5% ekstrak buah pare, R3= air minum dengan 7.5% ekstrak buah pare, dan R4= air minum dengan 10% ekstrak buah pare. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analysis of variance (ANOVA), bila data menunjukkan hasil berbeda nyata (P<0.05) dilanjutkan dengan uji Duncan. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah indeks telur, bobot kerabang, tebal kerabang, warna yolk, dan haugh unit. Hasil penelitian menunjukkan pemberian ekstrak buah pare pada burung puyuh tidak berpengaruh terhadap semua peubah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Siahaan, S. S., Nur, H., & Anggraeni, A. (2020). PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L.) PADA AIR MINUM TERHADAP KUALITAS TELUR BURUNG PUYUH (COTURNIX-COTURNIX JAPANICA. Jurnal Peternakan Nusantara, 6(1), 35–40. https://doi.org/10.30997/jpnu.v6i1.2711
Section
Articles

References

Hanafiah KA., 2003. Rancangan Percobaan Teori dan Aplikasi). Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Krebeab E, France J, Kwakkel RP, Leeson S, Kuhi HD, Dijkstra J. 2009.Development and evaluation of a dynamic model of calcium and phosphorus flows in layer. Poult Sci. 88 (3):680-689.

Paryanta. 2018. Kualitas Telur Burung Puyuh (coturnix-coturnix japonica) yang diberi Larutan Daun Kelor (Moringa oleifera L)[skripsi]. Program Studi Peternakan. Fakultas Pertanian. Universitas Djuanda Bogor.

Sahara E. 2011. Penggunaan kepala udang sebagai sumber pigmen dan kitin dalam pakan ternak. Jurnal Agribisnis Dan Industri Peternakan (1) 1: 31-35.

Sodak FJ. 2011. Karakteristik Fisik Dan Kimia Telur Ayam Arab Pada Dua Peternakan Di Kabupaten Tulungagung. Jawa Timur. [Skripsi]. Departemen Ilmu Produksi Dan Teknologi. Fakultas Peternakan. Intitut Pertanian Bogor.

Sudaryani T. 2006. Kualitas Telur. Jakarta (ID): PT Penebar Swadaya.

Sudibyo S. 1989. Aspek Fungsi dan Teknis Post Occupancy Evaluation dan Beberapa Metodologi Penelitian. Usakti : Jakarta

Suartha IN, Swantara IMD, Rita WS. 2016. Ekstrak etanol dan fraksi heksan buah pare (Momordica charantia) sebagai penurun kadar glukosa darah tikus diabetes. Jurnal Veteriner 17 (1): 30-36.

Yuwanta T. 2010. Telur dan Kualitas Telur. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>