PENGARUH MEDIA KULIT KERANG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 17 TANJUNGPANDAN
Main Article Content
Abstract
Matematika termasuk salah satu ilmu pendidikan yang sangat penting karena dimana ilmu ini sangat berhubungan erat dengan penyelesaian masalah yang kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataan di masyarakat luar matematika merupakan pembelajaran yang sangat sulit sehingga banyak yang tidak memahami bagaimana matematika itu sendiri. Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang bisa digunakan guru untuk menunjang pembelajaran agar lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan media kulit kerang sebagai media pembelajaran yang dijadikan tolak ukur untuk mengetahui apakah media kulit kerang berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain posttest only group design. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas V di SDN 17 Tanjungpandan, dimana V.2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas V.3 sebagai kelompok kontrol yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pada penelitian ini kedua kelompok diberikan posttest yang hasilnya kemudian dianalisis pada analisis deskriptif dan inferensial menggunakan bantuan SPSS 20.0. Dari hasil posttest t hitung (0,059)> r tabel (0,05), hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh media kulit kerang terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas V, hal ini diakibatkan oleh beberapa alasan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Ardianto, W., & dkk. (2017). Pembelajaran Saintifik Berbantuan Media Manipulatif Untuk Memahamkan Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 5.
Fatimah. (2018). Penggunaan Kartu Berwarna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Ibtida’i Volume 5 No. 01.
Hendriana, H., Rohaeti, E. e., & Soemarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: PT Refika Aditama.
Kemdikbud, p. w. (2019, 12 3).
www.kemdikbud.go.id. Diambil kembali dari https://www.kemdikbud.go.id/mai n/blog/2019/12/hasil-pisa- indonesia-2018-akses-makin- meluas-saatnya-tingkatkan- kualitas
Najib, D. A., & Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Padang. Jurnal Ilmiah PGMI, 26.
Supardi. (2014). Komprehensif, Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih. Jakarta: Change Publication.
Supriadi. (2018). Cara Mengajar Matematika untuk PGSD 1. Serang: PGSD UPI Kampus Serang.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar . Jakarta: Kencana.