PENGARUH MEDIA KULIT KERANG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 17 TANJUNGPANDAN

Main Article Content

Ira Damayanti
La Ode Amril
Irwan Efendi
Annisa Mawardini

Abstract

Matematika termasuk salah satu ilmu pendidikan yang sangat penting karena dimana ilmu ini sangat berhubungan erat dengan penyelesaian masalah yang kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataan di masyarakat luar matematika merupakan pembelajaran yang sangat sulit sehingga banyak yang tidak memahami bagaimana matematika itu sendiri. Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang bisa digunakan guru untuk menunjang pembelajaran agar lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan media kulit kerang sebagai media pembelajaran yang dijadikan tolak ukur untuk mengetahui apakah media kulit kerang berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain posttest only group design. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas V di SDN 17 Tanjungpandan, dimana V.2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas V.3 sebagai kelompok kontrol yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pada penelitian ini kedua kelompok diberikan posttest yang hasilnya kemudian dianalisis pada analisis deskriptif dan inferensial menggunakan bantuan SPSS 20.0. Dari hasil posttest t hitung (0,059)> r tabel (0,05), hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh media kulit kerang terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas V, hal ini diakibatkan oleh beberapa alasan.

Article Details

How to Cite
Damayanti, I., La Ode Amril, Irwan Efendi, & Mawardini, A. (2023). PENGARUH MEDIA KULIT KERANG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 17 TANJUNGPANDAN. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(2), 71–80. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/8198
Section
Articles

References

Ardianto, W., & dkk. (2017). Pembelajaran Saintifik Berbantuan Media Manipulatif Untuk Memahamkan Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 5.

Fatimah. (2018). Penggunaan Kartu Berwarna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Ibtida’i Volume 5 No. 01.

Hendriana, H., Rohaeti, E. e., & Soemarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: PT Refika Aditama.

Kemdikbud, p. w. (2019, 12 3).

www.kemdikbud.go.id. Diambil kembali dari https://www.kemdikbud.go.id/mai n/blog/2019/12/hasil-pisa- indonesia-2018-akses-makin- meluas-saatnya-tingkatkan- kualitas

Najib, D. A., & Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Padang. Jurnal Ilmiah PGMI, 26.

Supardi. (2014). Komprehensif, Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih. Jakarta: Change Publication.

Supriadi. (2018). Cara Mengajar Matematika untuk PGSD 1. Serang: PGSD UPI Kampus Serang.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar . Jakarta: Kencana.

Most read articles by the same author(s)